Bukan Hanya Mi Aceh, 5 Makanan Khas Aceh Ini Juga Enak, Lho!

Mi Aceh Tumis
Sumber Gambar : qraved.com

Makanan Khas Aceh – Sumatera dikenal sebagai pulau yang memiliki aneka ragam budaya dan suku pada tiap provinsinya. Oleh karena itu banyak sekali makanan khas dari pulau sumatera yang cukup populer dan sangat memanjakan lidah.

Aceh adalah provinsi Indonesia yang letaknya berada di ujung utara pulau Sumatera. Provinsi ini dikenal memiliki aneka ragam makanan khas yang kaya akan rempah-rempahnya sehingga cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.

Salah satu makanan khas Aceh yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar mungkin adalah Mi Aceh. Namun tahukan kamu, sebenarnya masih banyak makanan khas Aceh lainnya yang rasanya tidak kalah enak?

Berikut ini adalah 5 makanan khas aceh yang bisa kamu cobain :

1. Nasi Goreng Aceh

Nasi Goreng Aceh Udang
Sumber Gambar : piknikdong.com

Sebenarnya nasi goreng aceh ini juga dijual berdampingan dengan mi aceh jika anda mengunjungi restoran atau warung makan mi aceh.

Tak beda jauh dengan cara pembuatan nasi goreng biasa, nasi goreng aceh ditambahkan bumbu campuran dari kemiri, pala, lada, cabai, ketumbar dan lainnya. Bumbu yang digunakan juga sama dengan bumbu yang digunakan untuk pembuatan mi aceh.

2. Nasi Gurih

Nasi Gurih Khas Aceh
Sumber Gambar : RM Aceh Seulawah

Nasi gurih adalah makanan khas aceh yang memiliki cita rasa yang mirip dengan nasi uduk, biasanya dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah lainnya. Karena perpaduan cita rasa tersebutlah rasa dari nasi ini menjadi gurih dan sangat enak.

Nasi gurih disajikan dengan berbagai lauk, seperti kacang goreng, rendang, ayam, sambal, kentang, bebek, ikan goreng dan lainnya. Makanan ini banyak dijual di warung makan atau restoran Aceh dan biasanya di Aceh sendiri, nasi gurih dijual di pagi hari seperti nasi uduk.

3. Kue Timphan

Kue Timphan dari Aceh
Sumber Gambar : Toko Wahab

Timphan adalah salah satu kue atau makanan khas Aceh. Kue ini memiliki rasa manis dan kenyal, terbuat dari pisang, ketan, kelapa atau srikaya.

Kue ini biasanya disajikan saat lebaran dan jamuan pesta seperti khitanan, pernikahan yang diselenggarakan oleh orang Aceh. Timphan adalah makanan paling terkenal di Aceh, karena saking terkenalnya ada pribahasa yang menggunakan kata Timphan yaitu ├ČUroe goet buluen goet Timphan ma peugoet beumeuteme rasa├«. Dimana artinya adalah Hari baik bulan baik Timphan ibu buat harus dapat kurasakan.

Kue ini dapat ditemukan juga di warung makan atau restoran Aceh.

4. Sate Matang

Sate Matang Khas Aceh dengan soto matang
Sumber Gambar : Okezone

Sate matang adalah sate khas Aceh tepatnya dari daerah Matang. Sama seperti sate pada umumnya, sate ini dibuat dengan daging sapi atau kambing. Namun yang membedakan dengan sate pada umumnya adalah penyajian dari sate ini. Jika pada sate umumnya disajikan dengan bumbu kacang, sate matang disajikan dengan kuat soto matang yang gurih. Pengolahannya pun berbeda, karena sebelum sate matang dibakar sate matang akan diungkep terlebih dahulu dengan bumbu Aceh yang khas.

Pada tahun 2013, sate matang khas Aceh sudah resmi terdaftar sebagai salah satu makanan dari Indonesia di UNESCO sebagai warisan kuliner dunia lho.

5. Kuah Pliek

Kuah Pliek khas aceh
Sumber Gambar : acehprov.go.id

Kuah pliek adalah makanan khas Aceh yang selalu ditemukan disetiap jamuan pesta yang diselenggarakan oleh masyarakat Aceh. Cita rasa kuah pliek seperti gulai yang terbuat dari beragam sayur dan rempah-rempah.

Kuah pliek terbuat dari sisa perahan kelapa yang sudah difermentasi. Isi dari makanan ini adalah macam-macam sayuran yang dipotong kecil, seperti labu, kacang Panjang, Nangka muda, udang dan lainnya.


Itulah 5 rekomendasi makanan khas Aceh yang harus kamu cobain selain Mi Aceh. Kira-kira kamu pengen cobain yang mana dulu, nih? Selain cobain makanannya, yuk cari tahu rekomendasi destinasi wisata kalo kamu pergi ke Aceh.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *