5 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyuwangi yang Wajib Gen-Z Kunjungi!

Gen-Z kalau ditanya mau healing kemana, kebanyakan pasti jawabnya Bali, tapi taukah kamu kalau di dekat Bali ada Banyuwangi dengan sejumlah destinasi wisata yang gak kalah cantik dan wajib kamu explore. Kamu bisa nemuin pantai, hutan, gunung, bahkan savana di Banyuwangi, lengkap banget kan! Untuk tau lebih lengkap, baca artikel di bawah ini yuk!

Explore 5 tempat wisata ini di Banyuwangi!

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran yang dijuluki sebagai Africa Van Java karena pemandangannya yang mirip seperti savana di Afrika ini berlokasi di Banyuputih, Kabupaten Situbondo dan sebagian wilayahnya juga mencakup daerah Banyuwangi. Sehingga, Baluran jadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika ke Banyuwangi. Untuk perjalanan dari pusat kota ke Baluran memakan waktu sekitar 1.5 jam menggunakan mobil.

Taman Nasional Baluran

Disini, kamu dapat melihat banyak satwa liar seperti monyet, banteng, rusa, burung merak dan kalau kamu beruntung kamu juga bisa ketemu sama macan tutul di Baluran lho! Ohiya, selama di Baluran, hindari aktivitas-aktivitas yang dapat menganggu satwa disana yaa.

2. Pulau Menjangan dan Tabuhan

Pulau Menjangan

Menjangan dalam Bahasa Jawa artinya adalah rusa. Kamu akan menemukan rusa-rusa liar di pulau ini dan kamu bisa menyaksikan rusa-rusa ini berenang pada waktu tertentu. Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di pulau ini adalah melihat keindahan bawah lautnya dengan snorkeling. Tenang, beginner friendly kok guys!

Waktu tempuh ke Pulau Menjangan dari Grand Watudodol Banyuwangi sekitar 40-45 menit menggunakan perahu. Buat kamu yang gak mau ribet atau yang baru mau coba snorkeling, direkomendasikan untuk ikut Open Trip Pulau Menjangan dan Tabuhan dengan harga mulai dari Rp. 275rb/orang. Seru, bisa nambah teman baru juga loh!

Pemandangan di pulau ini bikin gak berhenti takjub melihatnya. Gradasi air laut berwarna biru, putihnya pasir dengan latar belakang gunung menambah keindahan pulau ini. Banyak sekali spot foto yang bagus di pulau ini. So, Gen-Z siapin kamera dan memori yang cukup, karena kamu pasti bakal banyak foto-foto disini!

Pulau Tabuhan

Lanjutt dari Pulau Menjangan, ke Pulau Tabuhan. Yang pertama kali aku ingat ketika mau berangkat ke pulau ini, tour guide-ku bilang “Nanti cobain pisang goreng ya di Pulau Tabuhan”. Makin penasaran dong, makan pisang goreng di pantai tuh rasanya gimana ya? Dan ternyata bener aja, ENAK guys! Di Pulau Tabuhan, kamu akan bertemu dengan beberapa warung yang menjual gorengan, minuman dan lainnya. Yang jelas, pisang gorengnya, worth to try banget!

Ehiya sampe lupa mau jelasin juga keindahan pulau ini. Masih dengan cantiknya air laut berwarna biru yang dipadu dengan pasir putih, kamu juga wajib mencoba snorkeling disini karena keindahan bawah lautnya gak kalah bagus dan coba cari dan foto sama bintang laut biru ini ya!

Bintang Laut Biru

3. De Djawatan Forest

De Djawatan Forest

Siapa disini penggemar film The Lord of The Rings? Pasti gak asing dong dengan latar hutan ini. Pohon-pohon trembesi di Hutan De Djawatan memberikan vibes seperti di Hutan Fangorn. Direkomendasikan untuk hadir di weekdays biar gak terlalu ramai pengunjung. Buat Gen-Z yang mau mencoba pengalaman berbeda, bisa coba ikut Safari Jeep Experience. Biasanya trip De Djawatan Forest dibarengi dengan Taman Nasional Baluran. Wah, dijamin ini sih foto-foto kamu bakal makin kece!

4. Pulau Bedil dan Gua Bedil

Pulau Bedil

Rekomendasi selanjutnya adalah Pulau Bedil. Dilihat dari pemandangannya seperti di Pulau Phi Phi, Thailand ya? Disebut juga sebagai Raja Ampat-nya Jawa Timur. Tapi, yang jelas, Pulau Bedil pun juga punya ciri khasnya sendiri ya guys! Kamu bisa explore pulau ini dan menemukan Gua Bedil berbentuk lorong yang menembus pulau dengan pemandangan Samudera Hindia. Jika ombaknya tenang dan memungkinkan untuk berenang, kamu bisa berenang di Gua Bedil ini dan melihat kelelawar yang ada di langit-langit gua.

Perjalanan ke Pulau Bedil cukup panjang, dari Kota Banyuwangi kamu perlu menempuh waktu perjalanan sekitar 2.5 jam ke Pantai Mustika untuk dapat menyebrang ke Pulau Bedil.

Berenang di Gua Bedil

5. Dialoog Hotel Banyuwangi (Casabanyu Restaurant & Bar)

Dialoog Hotel Banyuwangi

Dialoog Hotel Banyuwangi terkenal dengan pemandangannya yang cantik. Pohon kelapa yang menjulang tinggi dan arsitektur yang aesthetic membuat hotel ini mempunyai banyak spot foto yang sangat instagrammable. Kamu bisa menginap di hotel ini dengan harga mulai dari Rp. 1.800.000/malam. Namun, jika kamu tidak menginap di hotel ini, kamu tetap bisa kok menikmati keindahan dan foto-foto di lingkungan hotel ini dengan nongkrong cantik di restorannya, Casabanyu Restaurant & Bar. Dijamin galeri foto di HP kamu langsung penuh dengan foto aesthetic yang siap jadi konten Instagram kamu!

Itu dia 5 rekomendasi tempat wisata di Banyuwangi yang worth to visit banget untuk Gen-Z! Buat kamu yang mau tau rekomendasi traveling lainnya bisa cek disini ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *