5 Cara Menjaga Kesehatan Mental!

Di masa Pandemi Covid-19 ini selain menjaga kesehatan tubuh, penting pula menjaga kesehatan mental. Dikarenakan pemerintah telah memberikan informasi untuk selalu stay at home, terkadang kitapun pasti merasa jenuh karena harus berada dirumah terus menerus.

Beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental anda selama pandemi covid-19 ini, Diantaranya :

1. Olahraga

Olahraga dapat menurunkan resiko terjadinya depresi, dan membuat badan terasa lebih segar dan fit setelah melakukan olahraga. Olahraga bisa berupa lari, naik sepedah, main badminton, dan lain sebagainya. Dapat dikerjakan setiap hari, atau bisa juga dikerjakan seminggu 2-3 kali.
Tubuh akanĀ  melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga, itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stress, kesemasan, dan depresi yang ampuh.
Dengan berolahraga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kita, dan nilai posif lainnya juga badan terlihat lebih sehat dan lebih ramping dari sebelumnya, yuk dicobain!

2. Makan makanan enak dan sehat

Selain olahraga, memakan makanan sehat juga dapat menimbulkan efek yang positif bagi tubuh, selain menjaga kesehatan fisik. Ternyata dengan memakan makanan sehat dan enak dapat menenangkan suasana hati di kutip dari halodoc.
Sayuran dan buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi yang memberi makanan setiap sel tubuh, termasuk yang mempengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati. Sertakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami). Nutrisi ini dapat meningkatan suasana hati dan mengembalikan integritas strukturasi pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup, bisa memelihara kesehatan fisik serta kesehatan mental. Maka dari itu penting untuk kita selalu menjaga kualiatas tidur. Pastikan tidur anda cukup setiap harinya, 7-8 jam sehari. Dan membiasakan diri dengan bangun dipagi hari, serta menghirup udara pagi hari. Akan membuat anda lebih relax lagi.
Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidu memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur dengan teratur setiap harinya. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein.

4. Membantu Orang Lain

Dikutip dari Kompas Health, Studi membuktikan membantu orang lain merupakan bagian dari cara menjaga kesehatan mental. Selain mendapatkan pahala serta amal dihari akhir, ternyata dengan berbagi dan membantu orang lain dapat membuat kita merasa lebih baik dan berguna dalam hidup serta berguna untuk orang lain. Yuk berbagi dengan sesama, selagi kita bisa dan sehat!

5. Mempelajari Keterampilan Baru

Mempelajari hal baru, Penelitan menunjukan. Dengan mempelajari keterampilan baru dapat menjejah terahkan mental. Saat mempelajari ilmu atau pengetahuan baru, kepercayaan diri dan harga diri seseorang jadi meningkat. Selain itu, mempelajari keterampilan baru juga membuka peluang untuk terhubung dengan orang lain dan bertemu teman baru. Anda bisa memulai dengan hal yang mudah dulu saja, misalkan dengan melukis, mengikuti les music, dan mencoba hal-hal yang belum pernah anda pelajari sebelumnya.

Mulaikah terapkan beragam cara menjaga kesehatan mental di atas ke dalam kehidupanmu sehari-hari. Namun, jika kamu merasa kesulitan dengan hal-hal tersebut, dan merasa membutuhkan orang lain dan merasakan gejala gangguan mental yang sulit untuk dihadapi sendiri, anda bisa datang dan berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, jangan malu ya!

Sumber Artikel

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *