Unsalted Butter, Formula Penambah Berat Badan Bayi Saat MPASI

Salah satu rekomendasi bahan makanan yang diharapkan mampu menambah berat badan bayi saat momen pemberian MPASI adalah unsalted butter. Hal ini penting untuk kita bahas karena salah satu momen krusial dalam tumbuh kembang Golden Age bayi adalah ketika memasuki momen pemberian MPASI atau dikenal dengan istilah Makanan Pendamping ASI.

Masa pemberian MPASI yang oleh Sebagian dokter direkomendasikan untuk dimulai pada usia 6 bulan sering menjadi momok bagi Bunda, mulai dari anak melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut), berat badan bayi susah naik hingga mempengaruhi grafik tumbuh kembang sang anak.

Unsalted Butter
Ilustrasi anak susah makan, source : parenting.co.id

Hal ini salah satunya disebabkan karena pilihan bahan makanan yang kurang disukai oleh Bayi. Padahal seperti halnya orang Dewasa, bayi sudah bisa mengenal rasa, merasakan kelezatan makanan, dan memilih mana makanan yang ia suka dan tidak ia sukai.

Lalu apa yang menyebabkan unsalted butter (UB) menjadi salah satu bahan makanan yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah ini? Dan apa sih bedanya dengan Salted Butter (Mentega) dan Margarin yang selama ini sudah dikonsumsi oleh kebanyakan orang?

Baca Juga : Diet Sehat Ibu Menyusui, 7 Tips Ini Ampuh Turunkan Berat Badan!

Perbedaan Unsalted Butter, Salted Butter dan Margarin

Salted butter (Mentega) dan Margarin memiliki perbedaan mendasar dari bahan baku. Jika margarin terbuat dari minyak kelapa sawit sehingga mengandung lemak nabati dan tekstur nya lebih padat, maka salted butter terbuat dari susu sapi, kambing, atau domba sehingga mengandung lemak hewani dengan tekstur yang lebih lembut dari Margarin.

Sedangkan unsalted butter dan salted butter jelas memiliki perbedaan soal rasa, dimana salted butter memiliki kandungan garam yang jauh lebih tinggi dari Butter, itulah mengapa salted butter memiliki umur simpan yang lebih lama dari UB.

Setelah kita tahu perbedaan antara salted butter, UB, dan margarin, maka pertanyaan selanjutnya adalah apa saja sih manfaat dari unsalted butter sehingga jadi salah satu bahan makanan paling direkomendasikan saat bayi memasuki usia pemberian MPASI? Yuk, kita kupas satu persatu.

Manfaat Unsalted Butter untuk Bayi

1. Pembentuk sel-sel saraf dan jaringan pada otak bayi

Dalam kandungan unsalted butter terdapat Lemak yang sangat dibutuhkan oleh tumbuh kembang bayi. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu komponen utama pembentuk sel-sel saraf dan jaringan pada otak bayi adalah Lemak, karena Lemak berfungsi sebagai penyedia energi metabolisme sel syaraf otak sekaligus pembentuk selubung Mielin (pembungkus sel syaraf otak).

2. Penambah nafsu makan pada bayi

Ketika kita berbicara soal MPASI, yang dibutuhkan bayi bukan hanya soal keseimbangan Nutrisi, tapi juga rasa yang lezat. Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang gurih, nah UB ini mampu meningkatkan nafsu makan, sehingga si Kecil menjadi lahap ketika makan.

Unsalted Butter
Pemberian unsalted butter diharapkan mampu meningkatkan nafsu makan, source : parents.com

3. Memiliki kandungan garam yang rendah

Balita usia dibawah 3 tahun hanya butuh asupan garam paling banyak 1 gram setiap harinya, karena terlalu banyak mengonsumsi garam bisa memperberat kinerja ginjal dan meningkatkan tekanan darah pada bayi. Dengan adanya unsalted butter, Bunda tetap bisa memberikan MPASI dengan rasa yang gurih kepada adik bayi, meskipun memiliki kandungan garam yang rendah.

Baca Juga : Kapan Gula Garam Boleh Ditambahkan pada Makanan untuk Bayi?

4. Mampu menghambat pertumbuhan sel kanker

Di dalam unsalted butter terkandung Asam Lemak rantai tunggal yang memiliki efek antiperadangan di dalam usus besar, serta menghambat pertumbuhan sel kanker di saluran cerna.

Jika bunda ingin mulai memberikan UB, diantara banyak merk yang kini menjamur di pasaran, satu yang terbaik yakni Anchor Unsalted Butter.

Unsalted Butter terbaik untuk MPASI

Anchor UB yang merupakan produk impor dari New Zealand ini memiliki ukuran terkecil minidish 10 gr per pcs, sehingga praktis untuk dicampurkan ke dalam masakan yang akan disajikan untuk diberikan kepada bayi saat MPASI.

Unsalted Butter
Anchor Unsalted Butter, source : Tokopedia Lazzu ID

Bingung cari Seller Anchor UB terpercaya? Tinggal klik Lazzu ID, karena Lazzu ID merupakan online shop yang menjual Anchor Unsalted Butter dengan harga terjangkau di Tokopedia dan Shopee, ditambah lagi gratis food container untuk tiap pembelian 10 pcs ukuran Minidish.

Jadi, tunggu apa lagi Moms? Buruan sebelum kehabisan stok.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *