Ini Dia, 4 Info Mudik yang Wajib Kamu Kantongi!

Menjelang penutupan Bulan Ramadhan 2022, Idul Fitri tahun ini dimeriahkan oleh aturan pemerintah yang memperbolehkan mudik lebaran pada tahun ini. Hasrat pemudik masyarakat Muslim di Indonesia sudah sangat besar, pasalnya sudah 2 tahun berlalu tidak mendapatkan info mudik dari pemerintah karena kasus COVID-19 yang tak kunjung reda. Maka, seiring dengan menurunnya kasus SARS Cov-19 pada tahun 2022, pemerintah memutuskan untuk memperbolehkan perjalanan mudik. Hal ini dimuat dalam Surat Edaran Satuan Tugas COVID-19 Nomor 16. Maka, masyarakat yang sudah divaksin lengkap dan memiliki antibodi tinggi sangat antusias untuk mengikuti aturan tersebut. Antusiasme diperkuat dengan adanya Cuti Bersama yang jatuh pada tanggal 29 April dan 4-6 Mei untuk Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Namun, sekedar peraturan saja tidak cukup, kamu juga perlu tahu info mudik lebaran agar aman bermudik ria.

Detail Info Mudik

Info Mudik : Solusi Bensin Habis dari Pertamina!

habis bensin mudik
Via Otomotifnet, 2022

Dalam upayanya untuk memberikan kenyamanan mudik, PT. Pertamina sudah mempersiapkan layanan motoris (motis) untuk menyalurkan bahan bakar kendaraan bagi pemudik yang kehabisan BBM di tengah perjalanan. Dikutip dari CNBC Indonesia (25/4/2022),

“Kita sudah koordinasi dengan pihak kepolisian di mana kita lakukan, jadi mobil tangki disiapkan di titik jalur kemacetan. Setelah selesai baru ditarik lagi ke titik awal didampingi Kepolisian. Jadi semuanya sudah siap dan sudah dikoordinasikan,” 

JENDERAL ALFIAN NASUTION – DIRUT PERTAMINA PATRA NIAGA

Jika kamu sampai mengalami kehabisan BBM, kamu bisa mengikuti alur pemesanan BBM delivery. Caranya hubungi call centre Pertamina di nomor 135. Lalu, sampaikan jenis BBM yang dibutuhkan, kemudian sampaikan juga titik lokasi pengantaran. Maka, nantinya pihak call centre akan mengatur driver motoris yang sudah siap di rest area terdekat untuk mendatangi lokasi kamu.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Jenderal Alfian Nasution memprediksi bahwa kebutuhan BBM akan melonjak sekitar 29% selama mudik lebaran 2022 berlangsung. Maka, Pertamina membentuk Satgas Ramadhan dan Idul Fitri Pertamina 2022 yang mulai mengamankan pasokan BBM sejak 11 April lalu. Jika BBM adalah salah satu komponen penting untuk lekas sampai di tujuan, maka ada komponen penting lainnya nih. Kamu juga harus memperhatikan tradisi lebaran yang melekat lainnya. Contohnya tradisi mempersiapkan pakaian baru pada saat mudik lebaran. So, jangan lupa untuk memperhatikan style OOTD (outfit of the day) kamu juga, ya!

Daftar Nomor Darurat dari Jasa Marga

Via CNN Indonesia, 2022

Pihak Jasa Marga selaku pengelola Jalan Tol menghimbau pemudik untuk tetap berhati-hati selama perjalanan. Jika kamu terjebak dalam kondisi darurat, Jasa Marga membagikan daftar nomor telepon penting yang dapat kamu hubungi. Berikut beberapa jenis layanan Jasa Marga yang penting untuk kamu catat!

  1. Jasa Marga 24 jam: 14080
  2. Informasi jalan tol: 0813-8006-8000
  3. BBM Pertamina: 135
  4. Kepolisian: 110
  5. Pemadam Kebakaran (Damkar): 113
  6. Basarnas: 115
  7. Ambulans: 118 atau 119
  8. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB): 117
  9. Kementerian Perhubungan (Kemenhub): 151
  10. Pusat Krisis Kemenkes RI: 0812-1212-319
  11. BPJS Kesehatan: 1-500-400

Persiapan untuk keperluan silahturahmi di kampung halaman sangat penting, sama pentingnya dengan mempersiapkan diri jika kamu terjebak dalam kondisi darurat terutama di kawasan jalan tol. Maka tidak ada salahnya lho kamu mengantongi tips aman berkendara di jalan tol selama mudik lebaran ini.

Program Motis dari Kereta Api Indonesia

Untuk kamu pengendara motor yang berniat membawa kendaraanmu untuk jalan-jalan di kampung halaman namun ingin menghindari kelelahan bermotor selama mudik, program ini cocok buat kamu, nih. KAI bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan mengadakan kembali program pengiriman motor gratis (motis) tahunan selama mudik lebaran 2022.

Pendaftaran program Motis pertama dbuka pada tanggal 20 April hingga 8 Mei 2022 secara online maupun offline.

Untuk lintasan dan rute Jalur Motis yang dapat dilewati adalah sebagai berikut,

  • Lintas Utara : Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang (PP).
  • Lintas Selatan : Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari (PP).
via Media Jabodetabek Pikiran Rakyat, 2022

Adapun syarat dan ketentuan dari program Motis dijelaskan lebih lengkap pada unggahan akun twitter @KAI121 tentang info mudik hari ini.

Rekayasa Lalin One Way dan Ganjil Genap Untuk Antisipasi Macet

Untuk kamu yang mudik lebaran melalui jalur darat dari wilayah Jakarta, penting nih. Dengan besarnya animo masyarakat yang ingin mudik, maka Sejak hari Jumat (30/4) lalu, Polri telah menggeser titik penetapan aturan one way atau jalur satu arah yang dimulai dari Tol Jakarta-Cikampek KM 70 sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 di Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Polri menetapkan one way yang dimulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek bagi kendaraan yang mengarah ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun dikarenakan terjadi kepadatan kendaraan yang menumpuk, maka Polri menggeser titik one way agar kendaraan dari arah Bandung dapat melintas.

Selain rekaya lalu lintas berupa one way, filterisasi perjalanan mudik lebaran akan diperketat dengan sistem ganjil-genap di beberapa gerbang tol sehingga pemudik diharapkan untuk menyesuaikan plat nomor kendaraan dengan tanggal mudik nya. Beberapa gerbang tol yang dimaksud ialah Gerbang Tol Pondok Gede/Pangkalan Jati, Tol Bekasi Barat, Tol Bekasi Timur, Tol Tambun, Tol Cibitung, Tol Cikarang Barat, Tol Cikarang Pusat, dan Tol Cibatu.

Untuk ganjil-genap dan one way di jalan tol dilaksanakan dari tanggal 28 April 2022 sampai dengan 1 Mei 2022. Sisrem ini bersifat situasional, artinya ada kemungkinan diperpanjang jika arus mudik masih belum kembali normal.

Untuk kamu yang masih harus mengadu nasib di ibu kota atau sedang berhalangan untuk lebaran di kampung halaman, jangan sedih. Kamu juga bisa tetap menikmati Kota Jakarta selama Idul Fitri. Berikut destinasi wisata di ibu kota yang bisa kamu kunjungi.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk bermudik ria tahun ini? Pergunakan waktu silahturahmi keluarga dengan baik dan bijaksana. Semoga satu bulan penuh Ramadhan ini kita juga kembali disucikan. Harta yang paling berharga adalah kesabaran dan ibadah yang paling indah adalah keikhlasan. Selamat berlibur dan mejalani lebaran di kampung halaman! Minal Aidin Wal Faizin.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *