Mengenal Milia dan Cara Mencegahnya

milia pada sekitaran area mata
Source: tribbunnews.com
Rakamers! Kalian pernah memiliki benjolan kecil di sekitaran area mata? Udah tau belum apasih Milia itu?
 
Nah di kesempatan kali ini Mimin akan mengulik lebih dalam tentang apasih Milia ini serta cara pencegahan dan mengatasi Milia, inget ya Milia! Bukan Milea nya Dilan. Jadi simak terus sampai habis.

Mengenal Milia

Milia merupakan suatu kondisi kulit yang umum terjadi di mana biasanya berbentuk benjolan kecil berwarna putih atau kuning yang muncul di sekitar area waiah. Terutama di sekitar mata, pipi, dan hidung. Meskipun tidak berbahaya, milia ini dapat mengganggu penampilan dan juga menimbulkan rasa tidak pede bagi beberapa orang.

Lewat artikel ini, Mimin ingin membahas apa yang menjadi penyebab munculnya Milia dan cara mencegah milia untuk membantu Rakamers semua dapat merawat kulit secara efektif lagi dari sebelum-sebelumnya.

Penyebab Milia

wanita yang memiliki milia
Source: siloamhospitals.com
Nah, Rakamers pasti bertanya-tanya kan gimana sih kok bisa muncul Milia?

Milia itu terjadi ketika lapisan kulit yang disebut epidermis terkumpul di bawah permukaan kulit, menghambat pengeluaran minyak alami dan sel kulit mati.

Ada beberapa faktor penyebab milia yang perlu Rakamers ketahui:

  • Kesuburan sebum yang berlebihan di bawah kulit

Produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori yang kemudian  memicu pembentukan Milia.

  • Kerusakan matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merusak permukaan kulit kemudian menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang akhirnya berujung pada terbentuknya Milia.

  • Penggunaan Produk Kulit yang Berat

Penggunaan produk perawatan kulit yang terlalu berat atau berminyak dapat menyumbat pori-pori dan memicu pembentukan Milia.

  • Genetik

Faktor genetik juga dapat mempengaruhi kemungkinan seseorang menderita Milia.

Cegah Milia Dengan Cara Ini!

Dibawah ini Mimin sertakan juga beberapa langkah yang bisa Rakamers lakukan untuk mencegah munculnya milia, yaitu:

1. Rutin Membersikan Wajah

Membersihkan wajah secara teratur adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit. Gunakan pembersih yang lembut, bebas minyak, dan pH seimbang. Hindari penggunaan produk berminyak atau berat yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Menggunakan Produk dan Konsistensi yang Sesuai

Pilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jaga agar rutinitas perawatan kulit tetap konsisten dan hindari penggunaan produk yang mengandung bahan iritasi atau komedogenik.

3. Gunakan Sunscreen

Melindungi kulit dari sinar matahari adalah langkah kunci untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Gunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai dan ulangi penggunaan setiap dua jam saat berada di bawah sinar matahari langsung.

4. Hindari Menekan atau Memencet Milia!

Jauhkan tangan Rakamers dari milia dan hindari mencoba untuk memencetnya sendiri. Ini dapat menyebabkan infeksi atau iritasi kulit. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau ingin menghilangkan milia, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit yang berpengalaman.

5. Perhatikan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat akan berdampak positif pada kesehatan kulit secara umum. Konsumsi makanan bergizi, hindari merokok, dan tidur yang cukup untuk menjaga keseimbangan kulit Rakamers.

milia dibawah mata
Source: wallpapersafari.com

Apakah Milia Perlu Konsultasi Dokter?

Milia merupakan kondisi umum yang teriadi pada permukaan kulit di sekitar wajah. Menjaga kebersihan kulit, menerapkan rutinitas perawatan yang tepat, dan melindungi kulit dari sinar matahari adalah langkah-langkah penting dalam mencegah munculnya milia. Jika Rakamers memiliki keprihatinan atau keluhan lebih lanjut, Mimin sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk diagnosis dan saran medis yang tepat.

Segitu aja dari Mimin, kalau Rakamers masih kurang puas dengan pembahasan Milia diatas coba lihat artikel lain dibawah ini ya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *