Daring Buat Kamu Bosan? Simak 5 Tips Belajar Menyenangkan Saat Pandemi

Pandemi yang terjadi setahun terakhir sangat berdampak bagi seluruh manusia di belahan dunia tanpa terkecuali, termasuk di Indonesia. Akibatnya,segala sesuatu banyak dilakukan secara digital termasuk proses belajar mengajar. Siswa yang biasanya mengikuti pembelajaran secara formal di sekolah, kini harus terbiasa dengan belajar dirumah secara online. Namun hal ini membuat sebagian besar siswa merasa bosan dan rindu kepada teman-temannya. Seperti yang terlihat pada unggahan video diatas, yaitu seorang anak laki-laki yang menyanyikan lagu Fiersa Besari dengan judul celengan rindu. Namun lirik lagu tersebut dirubah menjadi jeritan hati seorang siswa yang bosan dengan sekolah online.

Lalu, bagaimana cara agar daring bisa menyenangkan? Berikut 5 tips yang dapat membantu kamu untuk menciptakan belajar dirumah saja dengan menyenangkan:

1. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

source: pixcels

Ruangan belajar yang nyaman menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan. Pilihlah tempat belajar yang terdapat meja dan kursi serta dekorasi yg rapi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari rasa malas karena keinginan untuk rebahan di tempat tidur. Pilihlah ruangan khusu belajar yang tidak berisik sehingga kamu dapat berfikir dengan tenang dan nyaman.

Baca Juga: Bahagia Belajar di Tengah Pandemi

2. Tentukan Durasi Belajar

Mulai sekarang kamu harus menentukan waktu belajar di rumah dengan membuat rencana atau mengatur durasi belajar. Sebisa mungkin patuhi aturan delapan jam dalam satu hari. Jangan belajar secara berlebihan seperti lebih dari 10 jam. Sebab, otak juga butuh istirahat.

Baca Juga: Suka-duka belajar daring saat pandemi COVID-19

3. Jauhkan Benda yang Membuatmu Kurang Fokus

source: pixcels

Belajar di rumah pasti tak akan luput dari gangguan-gangguan yang membuatmu kurang fokus. Gangguan bisa datang dari televisi, mainan, maupun smartphone. Rumah memang sejatinya adalah tempat untuk tenang dan beristirahat sehingga bisa mengganggumu untuk fokus belajar. Saat ini, kurangilah akses ke kegiatan-kegiatan yang bisa mengganggumu.

Baca juga: SOS Children's Villages Bantu Pembelajaran Jarak Jauh dengan Komputer dan Internet

4. Sediakan camilan

source: pixcels

Walaupun secara fisik tak banyak bergerak, tetapi belajar sangat menguras tenaga karena berpikir. Agar tetap semangat dan tak lelah saat belajar, sediakan camilan secukupnya. Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilan berkalori tinggi lainnya.

Baca juga: Simak 3 Tips Jaga Keamanan Digital Anak Saat Menjelajahi Dunia Maya

5. Buat Grup Obrolan di Akun Media Sosial

source: pixcels

Dengan membuat grub atau room diskusi, kamu dapat menjaga komunikasi dengan teman-temanmu. Hal ini juga dapat digunakan untuk sharing kegiatan mu selama dirumah sehingga dapat mengurangi kejenuhan atau berdiskusi mengenai tugas yang diberikan sekolah.

Baca juga: Diet Saat Pandemik COVID-19

Nah, itulah 5 tips yang dapat kamu terapkan untuk membuat belajar di rumah menjadi lebih menyenangkan. Semoga dapat membantu.

Simak juga:

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *