5 Jenis Pisang Indonesia Go Internasional!

Artis Indonesia

Gak cuma Agnez Monica, Anggun C Sasmi, atau Cinta Laura loh yang go internasional, buah pisang jenis budidaya dari Indonesia pun udah sering mejeng bahkan laris manis di luar negeri. Penasaran? Baca sampai habis ya!

Pisang Ambon

Pisang Ambon memiliki ciri-ciri kulit yang halus dengan kecenderungan warna kuning muda setelah matang. Daging buahnya pun tidak begitu lunak. Satu tandannya bisa berjumlah antara 8-13 sisir, 1 sisirnya sekitar 12-20 buah. Aroma harum yang khas dan cita rasa manis dengan tingkat sedang menjadikan pisang ini banyak diminati. Pisang Ambon ini berhasil menembus ekspor hingga Saudi Arabia. Alhamdulillah yaaa, gaes!

Pisang Raja Bulu

Pisang Raja Bulu secara visual memiliki ukuran yang sedang dan gembil-gembil. Kulitnya pun lebih tebal jika dibandingkan oleh jenis pisang lainnya. Daging buahnya manis banget! Tapi uniknya waktu panennya adalah ketika pisang ini masih mentah, sehingga saat di ekspor sudah matang dengan sempurna. Pisang Raja Bulu sering banget diekspor ke benua Eropa maupun Amerika! 

Pisang Tanduk

Pisang Tanduk, jelas banget bentuknya yang menyerupai tanduk, panjang dan runcing sering ditemui di daerah Batang, Jawa Tengah. Pisang ini gak cuma hasil buahnya doang nih yang besar, bahkan pohonnya pun bisa mencapai 2-3 meter. Ciri khas lainnya adalah dagingnya lumayan keras loh. Eits! tapi jangan salah sangka pisang tanduk ini mampu dilirik oleh negara matahari terbit alias Jepang, banana wa oish─źdesu!

Pisang Barangan Merah

Pisang Barangan Merah khas Medan. Pisang barangan merah tidak memilki biji sama sekali, rasanya super manis, aromanya harum dan apabila dikupas, dagingnya berwarna kuning kemerahan. Berbeda dengan varietas pisang barangan kuning, untuk segi kulitnya memiliki ciri khas lebih tebal dan bercak cokelat yang cukup banyak. Pisang ini sering dimanfaatkan oleh para warga Afrika sebagai bahan baku bir. Nama bir minuman tradisional khas Afrika ini adalah Banana Bread Beer

Pisang Uli

Pisang Uli ini bentuknya lebih bulat memanjang dan kulit buahnya tipis-tipis. Pisang Uli ini bisa menghasilkan 100-160 buah perpohonnya loh, gaes! Pisang asli Bogor ini juga memiliki rasa manis dengan tingkat sedang. Pisang ini sering banget kita temuin pada saat kondangan! Hah? Gimana-gimana? Iya dalam upacara pernikahan sering dijadikan hiasan sebagai tanda keberkahan dan keselamatan. Gak cuma kita aja nih yang sering manfaatin, negara Cina untuk dijadikan keripik pisang!

Ternyata varietas pisang Indonesia yang sudah mejeng ke luar negeri ya, gaes! Manfaat pisang emang banyak banget sih, dari menjadi sumber energi, menjaga kesehatan jantung, mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh, hingga menjaga kesehatan pencernaan. 

Dan paling penting nih, pisang mudah ditemui, kalian bisa belanja di pasar tradisional atau modern, atau melalu eGroceries, apps Supermama. Caranya mudah banget lagi, tinggal download aplikasi Supermama melalui PlayStore atau akses ke www.supermama.id, langsung bisa memilih pisang apa aja yang mau dibeli, add to cart dan check out. Tinggal nunggu manis di rumah, gak pake ribet, sudah pasti diberikan pisang yang memiliki kualitas premium, dianternya hanya 1 jam jadi dipastikan produknya tetap FRESH, dan harganya itu loh oke banget! Apalagi kini ada promo Group Buy Deals, bersama teman, tinggal share link referal belanja, dan otomatis mendapatkan harga yang lebih hemat, dianternya ke alamat masing-masing. Asik banget deh #SetiapBelanjaSelaluHemat. 

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *