5 Fakultas dan Sekolah di ITB yang Paling Banyak Peminat dan Prospek Kerjanya

Institut Teknologi Bandung atau yang lebih dikenal dengan ITB merupakan kampus teknik tertua di Indonesia yang sudah melewati 100 tahun menjadi Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia. Banyaknya tokoh nasional Indonesia yang berasal dari kampus ini, salah satunya Bapak Proklamator kita yaitu Ir. Soekarno.

Gerbang depan ITB
Source: pbs.twimg.com

Terus seperti apa sih beratnya persaingan untuk masuk ke kampus ini? Yuk kita bahas 5 fakultas dan sekolah yang paling diminati di ITB beserta seperti apa sih prospek kerja dari masing-masing jurusannya, simak pembahasan berikut ini!

1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

Bagi kamu yang suka dengan desain teknologi dan pemprograman, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkan mimpimu. Selama 2 tahun berturut-turut STEI ITB menjadi fakultas dengan skor tertinggi pada UTBK Saintek tahun 2019 dan 2020. Hal tersebut tidak menurunkan minat pendaftar UTBK SBMPTN 2021 untuk memilih STEI ITB sebagai pilihan pertamanya. Terdapat 3.436 peserta yang mendaftar STE ITB dengan kuota yang hanya 190 mahasiswa.

Jurusan peminat terbanyak di ITB Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
Source: www.itb.ac.id

Mulai pada tahun 2016, terdapat tambahan jurusan baru di STEI ITB yaitu Teknik Biomedis, sehingga terdapat 6 jurusan yang dapat kamu pilih di STEI ITB yaitu Teknik Elektro, Teknik Informatika,  Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi, Sistem dan Teknologi Informasi, dan Teknik Biomedis. Keenam jurusan ini memiliki fokus menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pendidikan berkelanjutan di bidang teknik elektro dan informatika dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi.

Prospek kerja dari lulusan STEI ITB ini sangatlah luas. Bagi kamu yang berminat dengan prospek kerja di bidang software engineer, game developer, ahli atau konsultan pemeliharaan sistem dan peralatan tenaga listrik, atau bekerja di perusahaan smartphone seperti Apple, Samsung, dan lainnya maka STEI fakultas yang tepat buat kamu. Tidak sedikit dari lulusan STEI ITB saat ini masuk juga bekerja di perusahaan Startup dengan mengambangkan teknologi aplikasi dan elektronik. Selain itu kamu juga dapat membangun Startup mu sendiri dengan kemampuan engineer dan developer yang kamu miliki.

Fun fact: Biasanya mahasiswa STEI tergabung ke dalam satu unit mahasiswa yaitu Unit Robotika karena sesuai dengan keahlian di bidang mereka.

2. Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)

Sekolah Bisnis dan Manejemen (SMB) ITB adalah satu dari dua Fakultas di ITB yang tidak berasal dari rumpun teknik. Namun walaupun begitu tidak membuat fakultas ini sepi dari peminat. Nyatanya terdapat 2.453 peserta mendaftarkan diri pada UTBK SBMPTN 2021 dengan kuota hanya 72 mahasiswa saja.

Jurusan peminat kedua di ITB Sekolah Bisnis dan Manajemen
Source: sinarjateng.pikiran-rakyat.com

SMB ITB saat ini memiliki dua jurusan sarjana yaitu Manajemen dan Kewirausahaan yang keduanya fokus membangun insan yang terlatih dalam business skills, leadership, entrepreneur, marketing dan lainnya. Bagi kamu yang memiliki ketertarikan dalam bidang manajemen mulai dari bagian marketing, human capital, keuangan, operasional, dan juga sistem pengambilan keputusan berbasis data yang sangat dibutuhkan di banyak perusahaan dan industri saat ini, SBM ITB menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, bagi kamu yang memiliki minat di bidang kewirausahaan atau membangun sendiri bisnismu, di SBM ITB terdapat program inkubator yang dapat membantumu mewujudkan ide bisnismu.

Lulusan dari SMB ITB banyak diterima oleh perusahaan-perusahaan besar terutama perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan seperti konsultan bisnis dan manajemen, marketing, human resource dan keuangan. Tidak sedikit juga lulusan dan SMB ITB yang menjalankan bisnisnya sendiri menjadi pengusaha.

Fun fact: Biasanya pendidikan untuk sarjana SBM ITB hanya berlangsung 3 tahun karena terdapat semester pendek yang diwajibkan, selain itu mahasiswa SBM ITB terkenal dengan gudangnya selebgram di kampus ITB loh.

3. Fakultas Teknik Tambang dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Ganesha

Pada tahun SBMPTN 2021, Fakultas Teknik Tambang dan Perminyakan (FTTM) ITB menempati posisi ketiga jumlah peminat terbanyak yaitu 1.781 peminat dengan kuota hanya 114 mahasiswa.

Jurusan peminat ketiga di ITB Fakultas Teknik Tambang dan Perminyakan (FTTM)
Source: pbs.twimg.com

Fakultas ini memiliki beberapa jurusan yang fokus pada pemanfaatan sumber daya alam seperti teknik pertambangan, teknik perminyakan, teknik geofisika dan teknik metalurgi. Teknik pertambangan fokus pada bagaimana caranya agar kita dapat memanfaatkan sumber daya galian tambang seperti emas, timah, batu bara, dan mineral lainnya. Teknik Perminyakan fokus pada bagaimana caranya dapat mengambil dan mengesktraksi minyak dari bawah tanah. Teknik Geofisika mempelajari bagaimana cara mengetahui potensi sumber daya di dalam tanah dengan menggunakan teknologi. Teknik Metalurgi belajar mengenai pengelolahan hasil galian bumi. 

Prospek kerja lulusan dari FTTM ITB banyak pada industri pertambangan dan perminyakan seperti PT Bukit Asam, PT Aneka Tambang, PT Freeport, PT Tambang Timah, PT Semen Gresik, Pertamina, Medco, Chevron, Total E&P dan beberapa instansi pemerintahan seperti BP Migas dan Department Energi Sumber Daya Mineral, LIPI, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

Fun fact: Mahasiswa FTTM ITB ini didominasi oleh laki-laki, selain itu himpunan mahasiswa FTTB ITB seringkali disebut sebagai “timur jauh” karena posisi gedung kuliah yang berada di ujung timur kampus ITB.

4. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Ganesha

Walaupun jurusan seni rupa dan desain jauh kaitannya dengan teknik, namun Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB merupakan salah satu jurusan desain yang paling diminati di Indonesia. Pada SBMPTN tahun 2021 tercatat 1.677 peminat yang mendaftar untuk FSRD ITB dengan kuota 102 mahasiswa.

Jurusan peminat ke empat di ITB Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD)
Source: www.itb.ac.id

FSRD ITB memiliki salah satu jurusan seni dan desain tertua di Indonesia yaitu sudah ada sejak tahun 1956. Fakultas ini terbagi menjadi lima konsentrasi jurusan yaitu Desain Interior, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Produk, Kriya, dan Seni Rupa. 

Prospek kerja dari lulusan FSRD ITB tentu tidak jauh dari pekerjaan yang membutuhkan skill seni dan desain seperti seniman, fashion desain, ilustrator grafis, animator, web designer, desain interior maupun produk, dan perusahaan lain seperti konsultan desain dan iklan. Beberapa lulusan dari FRSD juga banyak yang terjun ke dunia entertainer seperti Aming, Indra Herlambang, dan Pak Raden. 

Fun fact: Mahasiswa FSRD ITB sangat mudah dikenali dari cara mereka berpakaian ketika di kampus. Jiwa seni mahasiswa FRSD yang tinggi membuat mereka memiliki selera fashion tersendiri dan sangat keren.

5. Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara (FTMD)

Posisi kelima dengan jumlah peminat terbanyak jurusan di ITB ditempati oleh Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD). Pada UTBK SBMPTN tahun 2021 terdapat 1.282 peminat dengan kuota hanya 93 orang. Bagi kamu yang memiliki minat di bidang permesinan, penerbangan, dan material atau bahan untuk membuat dan membangun sesuatu, fakultas ini cocok untukmu. 

Fakultas Teknik Mesin & Dirgantara
Source: www.ftmd.itb.ac.id

FTMD ITB sendiri terdiri dari jurusan Teknik Mesin, Tenik Aeronautika & Astronautika (Teknik Penerbangan), dan Teknik Material. Prospek kerja dari lulusan FTMD berkesempatan untuk membangun karir di Lembaga Pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), Bidang Akademik atau Penelitian, bahkan membangun usaha sendiri.  

Jika kamu mencari jurusan yang ke sesuai dengan minatmu di bidang manufaktur, otomotif, pengoperasian dan perawatan mesin, pembangkit energi, dan bidang minyak dan gas kamu dapat memilih jurusan Teknik Mesin di FTMD.

Sedangkan lulusan Teknik Penerbangan/Dirgantara, sektor lapangan pekerjaan yang secara khusus memerlukan dedikasi dari lulusan teknik dirgantara untuk bekerja di dalamnya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sektor industri kedirgantaraan seperti PT Dirgantara Indonesia atau PT GMF Aeroasia serta sektor lembaga penerbangan seperti lembaga penelitian LAPAN, lembaga pendidikan, dan lembaga pemerintahan.

Lulusan Teknik Material memiliki prospek pada bidang industri manufaktur yang berkaitan dengan material dalam proses produksi, pengembangan produk, pengawasan mutu dan kualitas produk serta perawatan peralatan, serta dapat masuk juga pada bidang energi dan sumber daya mineral.

Fun fact: Sama halnya dengan FTTM ITB, FTMD ITB pun mahasiswanya didominasi oleh laki-laki. FTMD memiliki spot yang terkenal sangat angker loh di kampus ITB, yaitu Kolam Mesin yang berada di dekat student center FTMD.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *