Sering Sakit Pinggang Selama WFH? Berikut 5 Cara Mengatasinya!

cara mengatasi sakit pinggang bagian bawah
source : www.cnnindonesia.com

Salah satu anjuran yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat terkait bentuk pencegahan penyebaran COVID-19 yang semakin meluas di Indonesia yaitu dengan melakukan himbauan kepada perusahaan untuk melakukan sejumlah pekerjaan mereka di rumah atau Work From Home (WHF).

WFH sudah menjadi kebiasaan baru bagi pekerja sejak satu tahun kebelakang. Aktivitas WFH nampaknya masih akan berlangsung selama beberapa bulan mendatang yang berarti sebagian besar kegiatan masyarakat masih akan berlangsung di rumah, bekerja di depan laptop atau gadget selama berjam-jam. Disisi lain ternyata, WFH dapat menimbulkan masalah baru bagi pekerja. Salah satu masalah utama secara fisik, WFH bisa lebih melelahkan dan menimbulkan masalah sakit pinggang atau nyeri punggung karena kondisi rumah tidak seideal kantor untuk bekerja.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Selama WFH

Dibutuhkan persiapan untuk menjaga produktifitas anda selama WFH. Untuk itu, penting bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi sakit pinggang selama WFH. Berikut 5 cara mengatasi sakit pinggang yang bisa anda terapkan:

1. Kompres Bagian Pinggang yang Sakit

Cara pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengkompres bagian pinggang anda yang sakit dengan es yang dibungkus. Kompresan dingin dapat mengurangi peradangan dan rasa nyeri akibat sakit punggung. Selain itu, anda juga dapat menggunakan kompresan air hangat untuk meningkatkan peredaran darah dan melemaskan otot. Anda bisa melakukan hal tersebut selama 20-30 menit setiap 2 atau 3 jam sekali.

2. Meregangkan Tubuh

Kegiatan WFH membuat para pekerja untuk duduk berjam-jam di depan laptop atau komputer. Dengan melakukan peregangan, anda dapat memulihkan otot dan melindungi anda dari rasa sakit atau nyeri otot. Peregangan juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang dan menguatkan otot-otot yang membutuhkan bantuan. Setiap kali Anda mulai melakukan peregangan, anda harus melakukannya dengan perlahan dan benar. Cara lain yang dapat anda lakukan yaitu berdiri setiap 20 menit dan meregangkan tubuh seperti melakukan posisi berbaring telentang dengan lutut ditekuk, lalu perlahan angkat lutut kiri ke dada selama 5 detik dan lakukan posisi tersebut sebanyak 10 kali setiap kaki.

3. Perhatikan Posisi Duduk

Posisi duduk pada saat bekerja mempengaruhi postur tubuh anda. Jika anda duduk dalam jangka waktu yang lama tanpa memperhatikan posisi duduk seperti membungkuk maka akan memperburuk sakit pinggang yang anda rasakan. Anda dapat mempersiapkan workstation seperti meja dan kursi yang nyaman untuk anda bekerja dan atur posisi seperti duduk tegak dengan bahu rileks dan tubuh disangga di sandaran kursi.

4. Pijat Perlahan pada Area Sakit

Cara lain yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri pada pinggang yaitu dengan memijat otot yang sakit dengan gerakan perlahan. Sebuah studi menemukan bahwa terapi pijat bersama dengan perawatan tradisional efektif untuk mengurangi sakit pinggang, meningkatkan fungsi pinggang mengurangi penggunaan obat anti-inflamasi. Untuk tindakan pijat, Anda bisa meminta bantuan kepada rekan Anda atau ke tempat panti pijat.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

 Anda juga bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek untuk membantu meringankan rasa sakit dan peradangan pada pinggang anda, seperti ibuprofen dan parasetamol. Namun, apabila gejala yang anda rasakan semakin parah akan lebih baik jika segera berkonsultasi langusng kepada dokter.

Baca juga : 5 Penyebab Sakit Pinggang Belakang yang Sering Disepelekan

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *