Niagara Fruit – 5 Strategi Personal Branding Viral di TikTok ala Bang Ucup

NIAGARA FRUIT

Mewakili banyak isi hati para kaum Gen Z, Bang Ucup, pemilik usaha Niagara Fruit ini telah berhasil membuat bisnis jus buah miliknya menjadi viral dan dikenal oleh banyak orang melalui akun Tiktok @mangucuppppp miliknya. Personal brandingnya yang unik, mulai dari goyangan khas Niagara Fruit, potongan rambut cepak, dan jualan sesuai mood, membuat dirinya tampil berbeda dan membuat penjualannya membludak.

Lalu apakah hanya itu yang membuat Niagara Fruit kini menjadi viral dan sukses? Berikut strategi branding Niagara Fruit ala Bang Ucup.

Salah satu faktor penunjang agar konten bisa masuk di FYP TikTok adalah konsisten dalam mengupload konten. Dan hal ini telah dilakukan oleh Bang Ucup dari awal ia berjualan pada tahun 2020 hingga saat ini. Awalnya ia memuat konten jualannya melalui akun Instagram pribadinya @mang_ucuppppp dan baru mulai aktif di TikTok mulai tahun 2022. Jadi, kesuksesan dirinya ini pun tidak serta merta ia dapatkan begitu saja, namun diperoleh setelah konsisten mengupload konten selama beberapa tahun.

Selain memuat konten jualan, Bang Ucup pun juga sering menyelipkan konten hiburan yang relate dengan banyak orang dan konten lainnya mengenai kehidupan dirinya di luar kegiatannya berjualan jus buah.

Konten jualan di Niagara Fruit dan konten keseharian oleh Bang Ucup.

Tidak hanya rutin membuat video, pemilik usaha Niagara Fruit ini juga rajin melakukan live di akun TikTok-nya sambil bercerita dan menyapa para penontonnya secara online. Ia pun juga sering membalas komentar para netizen serta memberi respon pada para netizen yang membuat konten mengenai dirinya.

Berbeda dari orang lain dengan tetap menjadi diri sendiri, beginilah keunikan yang dimiliki oleh Bang Ucup. 

Goyangan dan lantunan khas ala Niagara Fruit yang viral ini banyak disukai oleh para penontonnya di TikTok. Hampir di semua konten jualannya, Bang Ucup akan melakukan intro khas “Niagara Fruit”-nya ini. Dan tak jarang para pembeli dan konten kreator lainnya akan spontan mengikuti gaya khasnya ini.

Gaya khas Niagara Fruit yang viral dan diikuti banyak orang sampai ke influencer ternama lainnya.

Dengan postur tubuhnya yang fit serta rambutnya yang bergaya cepak membuat dirinya tak jarang disebut mirip dengan abdi negara oleh para netizen. Gaya rambut ini pun masih konsisten digunakan oleh Bang Ucup dari awal pembuatan kontennya hingga saat ini. Pada salah satu videonya ia juga menuturkan bahwa dirinya sempat mempunyai cita-cita ingin menjadi abdi negara. Namun, gaya jenakanya ini justru sangat kontras dengan penampilan abdi negaranya.

Gaya Rambut Pitak Ala Abdi Negara yang Digunakan Bang Ucup Niagara Fruit

Sumber: TikTok/mangucuppppp.
Gaya rambut cepak khas Bang Ucup.

Inilah salah satu konsep unik yang digunakan Bang Ucup saat berjualan. Ia berjualan sesuai mood dan bisa tiba-tiba saja merekrut pelanggannya menjadi anak magang. Meskipun hal ini dilakukan secara sukarela oleh para pelanggannya, namun tetap saja hal ini semakin memperkuat prinsipnya mengenai penjual yang berada di atas pembeli. Dan siapa sangka konsep jokes seperti inilah yang justru diterima baik dan disukai oleh para penontonnya. 

Pembeli yang ikut membantu jualan di Niagara Fruit (kiri) dan Bang Ucup yang berjualan sesuai dengan moodnya (kanan).

Salah satu daya pikat dari pemilik Niagara Fruit ini adalah kontennya yang menghibur dan relate. Tampil apa adanya dan tidak jaim meskipun sudah viral, Bang Ucup sering kali muncul dengan ide kontennya yang kreatif. 

Konten yang menghibur dan relate dengan banyak pemirsa.

Jika biasanya penjual bersikap sopan dan ramah dengan pelanggannya, Bang Ucup justru sering memarahi pelanggannya. Hal ini bisa dilihat dari sejumlah video yang diuploadnya di TikTok, menunjukkan dirinya yang terpancing emosi karena kelakuan para pelanggannya.

Dan uniknya hubungan antara dirinya dan followernya ini tidak terasa seperti idol dan fans. Bang Ucup lebih sering blak-blakan dengan para pelanggannya dan membuat hubungan mereka ini lebih terasa seperti kawan lama yang akrab. Hal ini lah yang membuat penonton merasa jarak di antara mereka dan pemilik Niagara Fruit ini tidak terasa jauh.

Meskipun dirinya sudah viral dan selalu ramai oleh pengunjung, Bang Ucup tetap menjaga kualitas buah yang dijualnya. Di saat keadaan buah sedang tidak baik, ia akan memberitahukan kondisinya melalui akun TikToknya dan memberikan rekomendasi buah lain yang memiliki kondisi yang lebih baik.

Update buah harian di Niagara Fruit.

Hingga saat ini usaha Niagara Fruit masih terus berkembang, hingga kini telah memiliki karyawan sendiri dan semakin dikenal oleh banyak masyarakat luas. Usaha dan konsistensi Bang Ucup dalam menjalankan bisnisnya ini bisa menjadi motivasi bagi para kaum muda yang ingin memulai usahanya sendiri. Semoga semakin banyak pemilik usaha UMKM yang sukses seperti Bang Ucup ini, ya. Jangan lupa untuk kalian yang berada di sekitar Grogol, Jakarta Barat untuk mampir ke Niagara Fruit!

Begitulah beberapa tips personal branding viral di TikTok ala Bang Ucup Niagara Fruit. Tertarik agar lebih tahu bagaimana membuat personal branding yang baik? Kamu bisa baca lebih lengkapnya di sini.


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *