Bagaimana Cara Memanfaatkan Waktu Dengan Baik?

Pernahkah kamu merasa waktu begitu berjalan cepat dalam hidupmu? Lalu, pernahkah kamu merasa kamu tidak memanfaatkan waktu dengan baik? Padahal waktu yang kamu miliki cukup banyak, namun, kamu selalu merasa waktumu kurang.

ilustrasi-waktu
sumber : freepik.com

Time is what we want most, but what we use worst.” – William Penn (Goodreads).

Waktu adalah apa yang sangat kita inginkan, namun yang kita gunakan dengan buruk. Waktu yang terbuang tidak akan datang kembali. Karena, waktu akan selalu berjalan ke depan dan tidak pernah mundur ke belakang. Lalu, Apa kamu sudah merasa memanfaatkan waktu dengan baik? apa saja cara untuk memanfaatkan waktu yang kamu miliki? Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan, yuk disimak!.

Baca Juga : 5 Kerajinan Tangan DIY untuk Mengisi Waktu Luang Kamu!

1. Berusaha Menyibukkan Diri

Pertama nih, menyibukkan diri adalah adalah cara yang ampuh. Menyibukkan diri tuh bukan berarti pura-pura sibuk, namun, berusaha melakukan hal yang bermanfaat yang dapat mengisi waktu luangmu. Gunakanlah waktu yang kamu miliki untuk belajar hal yang ingin kamu kuasai. Dengan memulai belajar, kamu akan lebih fokus pada tujuanmu, dan yang akan kamu lakukan menjadi lebih terarah.

2. Ketahui Apa Yang Ingin Kamu Pelajari

ilustrasi-berfikir
sumber : vocasia.com

Nah Kemudian, kamu harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu nih. Apa aja sih ilmu yang belum kamu kuasai dan kamu tertarik ingin mempelajarinya? cobalah mulai terlebih dahulu. Cobalah untuk mengesampingkan rasa malasmu dan memulai mempelajarinya. Minimal kamu sudah mulai untuk mencoba belajar hal baru dan menambah wawasanmu. Dengan mengetahui apa yang ingin kamu pelajari, tujuanmu akan semakin terarah.

3. Tahu Kapan Harus Memulai dan Kapan Harus Berhenti

ilustrasi-mematikan-televisi
sumber : istockphoto.com

Selanjutnya, memanfaatkan waktu luang dengan mepelajari sesuatu yang belum kamu kuasai memang membuat wawasanmu akan semakin luas. Akan tetapi, jika kamu terus-terusan belajar selama berjam-jam kamu akan bosan juga. Maka dari itu, kamu harus tau kapan saat yang tepat untuk memulai, dan kapan saatyang tepat untuk berhenti. Dengan mengetahui kapan kamu harus memulai, kamu akan tahu kapan saat yang tepat untuk belajar, dan jika menurutmu kamu butuh istirahat, maka kamu harus berhenti.

4. Miliki Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

ilustrasi-memikirkan-sesuatu
sumber : freepik.com

Lalu, apa sih yang membuat kita selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi? ya, dengan terus merasa bodoh. hmmm, mengapa sih kamu harus terus merasa bodoh? karena, dengan kita berpikir seperti itulah kita menjadi haus akan informasi. Seperti yang kamu ketahui, zaman sekarang sudah sangat mudah sekali untuk mengakses informasi, maka dari itu, bijaklah dalam mencerna segala informasi.

Nah, itulah 4 cara untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Mulailah untuk mengelola waktu sebaik mungkin dengan disiplin pada diri sendiri. Jangan sampai kamu menyesal saat semua telah terjadi dan kamu tidak bisa mengubahnya, belajarlah untuk menghargai waktu yang kamu miliki.

 

 

 

 

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *