Intip Manfaat Pisang untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Pisang adalah salah satu buah populer asal Asia Tenggara yang tidak hanya murah tetapi juga memiliki segudang khasiat. Kalau kamu salah satu penyuka Pisang, ada baiknya kamu tahu apa saja manfaat pisang yang bisa didapatkan jika dikonsumsi.

Manfaat Pisang

Pisang masuk ke dalam jajaran buah yang paling digemari oleh banyak orang. Rasanya yang manis dan mudah didapatkan di mana saja membuat buah ini digandungi oleh hampir semua usia. Pisang tidak hanya enak tetapi juga memiliki banyak khasiat. Oleh karena itu, kita akan membahas mengenai manfaat pisang yang bisa kamu dapatkan.

Manfaat pisang
Pisang Berwarna Kuning

Manfaat Pisang untuk Diet

Pisang termasuk salah satu buah yang memiliki kadar serat tinggi sehingga bisa membantu proses diet. Sebagai gambaran, pisang ukuran sedang mengandung 3,28 gram serat. Serat memiliki manfaat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, secara tidak langsung pisang dapat membantu keberhasilan diet.

Dalam hal ini, keunggulan buah pisang adalah bisa membuat seseorang kenyang lebih lama serta kalorinya yang tergolong rendah. Sehingga, pisang menjadi salah satu rekomendasi cemilan sehat saat diet.

Manfaat Pisang untuk Wajah

Selanjutnya, kita akan membahas salah satu khasiat pisang yang berkaitan dengan kesehatan kulit. Masker wajah pisang dapat meningkatkan kolagen melalui silika pisang. Kandungan kolagen ini dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga kulit wajah terlihat lebih kencang.

Selain itu, kolagen pada pisang juga memiliki kandungan vitamin A dan C yang baik untuk kulit wajah. Akan tetapi penggunaan masker pisang ini masih harus diteliti lebih lanjut kembali oleh para ahli.

Kandungan Gizi Pisang yang Kaya

Manfaat pisang lain yang tidak bisa diabaikan adalah kandungan gizinya yang kaya dan baik untuk kesehatan. Berdasarkan USDA FoodData Centre, dalam 100 gram pisang memiliki berbagai kandungan nutrisi.

Pertama, kita akan membahas dari aspek kalori. Pada 100 gram pisang memiliki kalori sejumlah 89 kcal. Lalu, kandungan karbohidrat pada pisang adalah 22.8 gram. Sementara itu, untuk kandungan serat (total dietary) adalah 2.6 gram dan untuk kandungan protein yang dimiliki yaitu 1.09 gram.

Selanjutnya kita akan membahas kandungan vitamin yang terdapat pada pisang. Pertama, kandungan Vitamin C yang dimiliki adalah 8.7 mg. Kedua, Kandungan Vitamin B-6 sebesar 0.462 mg. Ketiga, Vitamin A adalah sebesar 64 IU. Tidak hanya itu, buah ini masih memiliki banyak kandungan bermanfaat lainnya.

Khasiat pisang untuk Tulang

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan Vitamin B-6 pada pisang mendorong produksi glutathione yang merupakan anti oksidan penting untuk memproteksi sel tulang dari kerusakan. Selanjutnya, kegunaan pisang bagi tulang lainnya yaitu memiliki kandungan kalium yang berpengaruh terhadap kepadatan tulang. Faktanya, pada 100 gram pisang mempunyai kandungan kalium atau Potassium sebesar 358 mg yang bagus untuk kesehatan tulang.

Pisang membantu Meningkatkan Mood

Kandungan Tryptophan merupakan manfaat pisang yang bisa membantu meningkatkan mood. Tryptophan merupakan asam amino yang dapat diolah tubuh menjadi serotonin kimia otak yang bisa berpengaruh pada mood. Bahkan, Tryptophan juga berpengaruh pada peningkatan kualitas tidur.

Manfaat Pisang untuk Tekanan Darah

Pisang merupakan buah yang tergolong rendah sodium dan tinggi kalium. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi kalium dapat mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi dan stroke. Kalium juga bisa menjaga keseimbangan cairan elektrolit yang terdapat dalam tubuh sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah lebih stabil.

Kegunaan Pisang untuk Mencegah Sembelit

Berdasarkan hasil riset, pisang mengandung pektin yang dapat membantu mencegah sembelit dan melunakkan tinja. Pada pisang mentah juga memiliki kandungan probiotik yang baik untuk saluran pencernaan terutama usus. Selain itu, pisang juga mengandung serat yang tinggi sehingga bisa memelihara saluran pencernaan.

Kesimpulan

Ringkasnya, pisang memiliki manfaat bagi kesehatan. Misalnya, membantu untuk diet, kandungan gizi yang sangat kaya, bermanfaat untuk wajah agar bisa lebih elastis, bahkan ternyata pisang juga bisa bermanfaat untuk tulang, mood dan mencegah sembelit.

Itulah sebabnya, pisang bisa menjadi salah satu buah yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi salad sayur yang ternyata memiliki banyak juga manfaatnya bagi tubuh.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *