5 Makanan Khas Bontang yang Wajib Kamu Coba!

5 Makanan Khas Bontang yang Tidak Boleh Kelewatan!

Makanan khas bontang
Sumber gambar: https://co-enterprise.com.sg/portfolio/food-photography/

Hai Rakamers! Kalau mendengar tentang Kota Bontang apasih yang pertama kali ada di pikiran kalian ? perusahaan pupuk? perusahaan gas negara? klub bola PKT Bontang? atau malah ada yang belum tau Kota Bontang itu dimana? nah untuk kamu yang belum tau, Kota Bontang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, kurang lebih berjarak 120 km dari Ibukota Provinsi Kalimantan Timur yaitu Samarinda. Selain terkenal dengan kota industri, Bontang juga dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah, terutama di sektor lautnya. Nah karena itu Bontang punya beberapa makanan khas yang tidak boleh dilewatkan! Yuk simak 5 makanan khas Bontang yang wajib kalian cobain!

 

1. Sambal Gami

Sambal Gami khas Bontang
Sumber:https://www.fimela.com/lifestyle/read/4514210/resep-gami-udang-sambal-cobek-khas-bontang

Nah untuk yang pertama wajib kalian cobain adalah Sambal gami! Apasih sambal gami itu? Gami atau Sambal adalah sebutan kuliner khas dari Kota Bontang, Kalimantan Timur, yang banyak disajikan di restoran atau rumah makan di kota tersebut.

Terdapat banyak varian gami yang dapat kalian coba mulai dari Gami Bawis, Gami Telur, Gami Cumi dan lain-lainnya yang dapat disesuaikan dengan selera kalian. Untuk harganya relatif murah tergantung menu yang kalian pilih. Serius ini pas banget deh untuk menemani kalian selama berada disana!

Lokasi: Bontang Kuala. Dapat ditemukan di setiap restoran yang berada di area tersebut.

2. Aneka Seafood

Aneka Seafood Khas Bontang
Sumber:https://cepagram.com/index.php/2017/04/04/bandar-bontang-seafood-resto/

Selanjutnya yaitu aneka Seafood! Buat kalian para pecinta makanan laut, Bontang merupakan salah satu surganya karena salah satu komoditas kota Bontang adalah hasil lautnya guys! Dimana disini kalian bisa mendapatkan makanan laut yang super fresh hasil tangkapannya.

Tentu banyak sekali varian olahan seafood yang dapat kalian temui disini mulai dari ikan, kepiting hingga lobster yang super besar! Kalian juga bisa request lho ingin diolah seperti apa, misalkan dibakar, digoreng ataupun diberikan saus asam manis dan lain-lain. Pastinya tetap murah dong, jadi tunggu apalagi!

Lokasi: Hampir di setiap jalan di Bontang terdapat restoran seafood terutama di daerah Bontang Kuala.

3. Lontong Ces

Lontong Ces Khas Bontang
Sumber:http://resepsabatiana.blogspot.com/2011/12/tahu-lontong.html

Kemudian di nomer 3 ada yang sedikit berbeda. Ini bukan makanan olahan laut tapi termasuk makanan khas bontang karena memang tidak ada di kota-kota lain, yaitu lontong ces!

Sesuai dengan namanya, lontong ces ini terdiri dari bahan utamanya sendiri yaitu lontong yang lalu ditaburkan sayur-sayuran seperti kubis, seledri lalu diatasnya akan ditaruh telur goreng yang masih fresh sehingga menghasilkan suara “ces” dan akhirnya disiramkan oleh bumbu petis. Eits berbeda dengan tahu tek ala surabaya ataupun ketoprak ya. Wajib banget kalian coba karena memang enak banget dan sensasional deh!

Lokasi: Deretan Pizza Hut Bo/ KFC Bontang Plaza Harga: Rp 20.000,-/Porsi 

4. Pempek Khas Bontang

pempek khas bontang
Sumber:https://resepedia.id/resep/pempek

Lanjut gengs, kembali lagi ke makanan dengan olahan ikan! Kira-kira sudah familiar dengan gambar diatas? Yup! Pempek! Tapi bukannya pempek makanan khas palembang ya? Eits disini juga ga kalah spesial lho!

Tentu dengan banyaknya sumber daya lautnya yang melimpah, pempek yang berbahan dasar ikan tenggiri ini juga banyak di kota Bontang. Tentu juga disesuaikan dengan selera lidah masyarakat bontang yang beragam karena bontang merupakan kota pendatang. Tentu kalian akan mendapatkan sensasi yang berbeda deh dengan pempek fresh bontang + cukanya yang nagih banget!

Lokasi: Salah satu rekomendasi untuk makan ditempat berada di Pujasera PKT Bontang                  

5. Amplang/Kuku Macan

Amplang Khas Bontang
Sumber:https://www.dunia-perairan.com/2019/10/kerupuk-amplang-ikan-cemilan-khas-dari.html

Wah sudah masuk nomer 5 aja nih. Kalau sudah pada kenyang cobain semua makanan beratnya, kita lanjut ke makanan ringannya, Amplang atau bisa juga disebut kuku macan.

Makanan ringan yang berbahan dasar ikan laut ini juga akan membuat mulut anda tidak bisa berhenti mengunyah, tentu saja dengan rasanya yang sangat nendang! Amplang juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk rekan-rekan dirumah atau dikantor, tapi dimakan sendiri buat camilan dirumah ga salah juga kok hihihi. 

Lokasi: Dapat ditemukan di setiap toko oleh-oleh di Bontang atau di minimarket di Bontang.

Nah itulah Rekomendasi 5 makanan khas Bontang yang wajib kalian coba, yuk cobain  makanan khas yang dimiliki Kota Bontang sebagai bagian untuk melestarikan budaya Indonesia!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *