Tips Menghilangkan Bau Kaki Akibat Menggunakan Sepatu

Perlu diketahui bahwa kaki yang tertutup oleh sepatu hampir sepanjang hari dan bisa memicu kelembapan karena kekurangan udara yang masuk. Hal ini akan berdampak pada timbulnya bau kaki, membuat kepercayaan diri banyak orang menjadi berkurang.
Kaki dalam sehari dapat menghasilkan setengah liter keringat. Akan tetapi bukan keringat yang membuat kaki membuat menjadi bau, melainkan bakteri yang hidup di kulit ‘memakan’ keringat kaki, sehingga menghasilkan asam isovaleric yang menyebabkan bau.


Ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan kaki bau adalah kurangnya dalam menjaga kebersihan, aktivitas yang berlebihan, dan bahan sepatu yang terlalu tebal dan tertutup.

Tips Menghilangkan Bau Kaki Akibat Menggunakan Sepatu

1. Usahakan Untuk Menggunakan Kaos Kaki Berbahan Katun

Kelenjar keringat di kaki kita lebih banyak dibandingkan pada bagian tubuh lain. Maka dari itu, penting untuk memastikan supaya kaki tidak terlalu berkeringat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kaus kaki. Pilih bahan kaus kaki yang lembut dan menyerap keringat dengan baik, seperti katun. Beberapa kaus kaki memiliki bahan yang tidak terlalu elastis dan malah menyiksa kaki. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk hati-hati dalam memilih selera kaus kaki agar kesehatan kaki pun bisa tetap terjaga.

2. Rajin Mencuci Kaki Dengan Sabun

Basuh kaki setiap hari dengan menggunakan sabun antibakteri. Hal ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri pada kaki, sehingga dapat mengurangi produksi asam isovaleric. Mencuci kaki secara teratur dan benar dapat membantu menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan keringat yang menumpuk. Membilas kaki hanya dengan air tidak cukup untuk membersihkan kaki, karena hal itu membuat kotoran-kotoran tetap bertahan pada kaki kita. Cucilah kaki sebanyak dua kali sehari. Kamu dapat menggunakan sabun antijamur atau beberapa tetes minyak esensial antimikroba, seperti tea tree oil atau kayu putih. Kemudian, keringkan kaki secara menyeluruh, terutama pada sela-sela jari kaki. Ini penting untuk dilakukan karena kulit yang lembap dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri dan jamur di kaki.

3. Sering Membuka Sepatu Setiap Ada Kesempatan

Tips lain mencegah bau kaki adalah dengan dengan berusaha membuka sepatu setiap ada kesempatan. Ini memudahkan pertukaran udara, dengan begitu pertumbuhan bakteri dan jamur bisa dihindari karena lingkungan yang lembap.

4. Jangan Lupa Untuk Mengganti Sepatu Tiap 2 Hari Sekali

Jika satu sepatu dipakai terus setiap hari, keringat akan menjadi menumpuk dan lembap. Akibatnya, kaki akan terus menimbulkan bau tak sedap. Dengan kita mengganti sepatu, ini dapat mengurangi resiko bau pada kaki.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *