Rekomendasi Kuliner di Jatinangor yang Maba Wajib Tau!

Jatinangor merupakan kawasan pendidikan yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Terdapat empat kampus besar di kawasan pendidikan Jatinangor, yaitu Unpad, ITB, IPDN, dan Ikopin. Dengan adanya empat kampus tersebut membuat kawasan ini ramai dengan mahasiswa. Sebagai kawasan pendidikan, Jatinangor memiliki berbagai macam pilihan makanan yang dapat kamu coba. Berikut adalah rekomendasi kuliner di Jatinangor yang maba wajib tau!

1. Pujasera Ciseke

Siapa, sih, yang nggak tau tempat ini? Pujasera Ciseke merupakan pusat kuliner favorit bagi mahasiswa di Jatinangor. Terdapat banyak pedagang dengan menu variatif mulai dari makanan berat hingga cemilan dan minuman. Lokasi Pujasera Ciseke berada di Jalan Ciseke. Saat ini, Pujasera Ciseke sudah direnovasi sehingga menjadi lebih nyaman. Menu makanan yang dapat kamu coba di sini antara lain nasi ayam bakar, soto, sate, dan gado-gado. Harga yang dibandrol masih terjangkau untuk kantong mahasiswa. Selain itu, Pujasera Ciseke juga tak jarang digunakan sebagai tempat berkumpul mahasiswa yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi.

2. Warung Suroboyo

Warung Suroboyo beralamat di Jalan Raya Jatinangor 155A. Warung makan ini menjual berbagai menu khas Jawa Timur seperti pecel lele, soto ayam, bebek goreng, ayam goreng, dan lain-lain. Kisaran harganya mulai dari Rp10.000 sampai Rp25.000. Warung Suroboyo buka setiap hari pada pukul 12.00 – 23.00. Di jam makan malam, Warung Suroboyo selalu ramai oleh mahasiswa. Rekomendasi menu yang dapat kamu coba yaitu soto ayam dan pecel lele. 

3. Rumah Makan Elok

Rumah Makan Elok merupakan salah satu tempat makan yang menyajikan menu masakan khas Padang yang berlokasi di Jalan Ciseke. Pilihan menu yang tersedia mulai dari ayam, rendang, dan lain-lain. Harga yang dibandrol pun cukup murah, mulai dari 15 ribu dengan pilihan menu nasi dan satu jenis lauk. Rumah Makan Elok terletak di dalam gang, tetapi selalu ramai oleh mahasiswa. Jam operasionalnya pukul 09.00 – 17.00 dan buka di hari Senin sampai Sabtu. Rekomendasi menu yang bisa kamu coba yaitu ayam cabe ijo dan rendangnya, super enak!

4. Gerlam

Gerlam atau gerbang lama Unpad merupakan salah satu pusat kuliner di Jatinangor. Letaknya di dekat gerbang lama Unpad dan mudah diakses oleh pejalan kaki. Di lokasi ini, banyak pedagang yang berjualan dengan menu yang variatif. Contohnya seperti nasi gila, ayam geprek, bubur ayam, lontong kari, soto, dan mie ayam. Salah satu rekomendasi kuliner di Gerlam yaitu Nasi Gila. Harganya mulai dari Rp12.000 sampai Rp22.000. Gerlam buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai 17.00.

5. Warkop ADD

Warkop ADD adalah salah satu tempat andalan mahasiswa Jatinangor yang beralamat di Jalan Kolonel Ahmad Syam, Cikeruh. Selain harganya yang terjangkau, warkop ini juga beroperasi setiap hari selama 24 jam. Menu-menu yang dihidangkan seperti nasi telor, mie tek-tek, kornet, sosis, nasi gila, dan lain-lain. Selain itu, Warkop ADD juga menyajikan berbagai pilihan minuman instan. Harga yang dibandrol berkisar Rp9.000 – Rp15.000.

6. Mie Baso Pak Amin

Buat kamu yang cari mie baso dengan rasa ciamik bisa datang ke Mie Baso Pak Amin beralamat di Jalan Raya Jatinangor, tepatnya di Indomaret Hegarmanah. Sesuai dengan namanya, tempat makan ini menyediakan menu bakso, mie yamin, mie ayam, mie pangsit dan bihun. Kisaran harga untuk satu porsinya sekitar Rp10.000 sampai Rp20.000. Menu favorit di tempat ini adalah Mie Yamin dan Bakso.

7. Ayam Serundeng SPG

Ini nih makanan yang bisa jadi andalan untuk anak kos Jatinangor, yaitu Ayam Serundeng SPG. Ayam Serundeng SPG memiliki banyak cabang di Bandung, salah satunya di Jatinangor. Terletak di Jalan Raya Jatinangor no 145, Ayam Serundeng SPG menyediakan menu utama ayam serundengan dengan sambal hijau. Terdapat menu lainnya seperti ayam bakar, nasi rames, dan tempe mendoan. Tempat ini menjadi salah satu andalan anak kos karena kamu dapat free refill nasi sepuasnya. Harganya sangat ramah kantong sekitar Rp15.000.

8. Soto Naila Suramadu

Kalau kamu bingung cari menu sarapan, Soto Naila jawabannya! Terletak di Jalan Raya Jatinangor, Soto Naila cukup terkenal di kalangan mahasiswa. Menu utama yang disajikan yaitu soto madura yang kaya dengan bumbu. Di pagi hari, soto ini selalu ramai pelanggan baik mahasiswa maupun warga lokal. Harga yang dibandrol mulai dari Rp15.000 sampai Rp25.000.

Baca juga:

5 Tempat Wisata Baru di Jatinangor yang Wajib Dikunjungi

You may also like