8 Daftar Makanan Diet Sehat dan Murah yang Ramah di Kantong

gambar judul
Source : Freepik.com

Diet gak selalu soal pilah pilih makanan sehat dengan harga yang mahal seperti di mall-mall lho. Pada dasarnya diet adalah pengaturan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Diet biasanya  bertujuan untuk kesehatan, menurunkan berat badan, dan menjaga bentuk tubuh.

Dalam melaksanakan diet kita perlu mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Nutrisi yang diperlukan tubuh dapat diperoleh dari makanan sederhana yang sehari-hari ada di sekitar kita. Makanan bernutrisi tinggi tidak selalu yang harganya mahal lho,  berikut adalah 8 makanan diet sehat yang ramah di kantong :

1. Telur

gambar telur
Source : Freepik.com

Telur merupakan makanan yang paling umum dan dapat disajikan dengan berbagai cara olah. Namun jika kamu ingin melakukan diet, sangat disarankan mengkonsumsi telur rebus ya. Manfaat telur rebus sangat baik untuk diet karena kalorinya yang rendah, namun hindari bagian kuningnya karena mengandung banyak lemak lho!

2. Tahu dan Tempe

Source : pinterest.com

Sebagai makanan khas Indonesia, faktanya tahu dan tempe ini tinggi akan protein dan rendah kalori. Sangat cocok untuk diet sehat anti ribet ya! Untuk pengolahannya, kalian bisa coba buat sup tahu, tahu tempe bacem, atau bisa juga tahu atau tempe bakar yang dijamin bakal bikin kenyang.

3. Dada Ayam

Source : pinterest.com

Selain makanan tinggi serat, saat diet kita juga perlu makanan yang mengandung protein tinggi, ya dada ayam jawabannya. Kandungan protein pada dada ayam dijamin bikin perut terasa kenyang lebih lama. Beberapa menu diet dada ayam diantaranya sup ayam sayuran, dada ayam panggang, atau pepes dada ayam. Yummy ya.. tapi jangan lupa tetap hindari bagian lemak yang terdapat pada bagian dada ayam jika dietmu mau sukses.

4. Ubi dan Kentang

Source : pinterest.com

Sumber energi saat diet salah satunya berasal dari karbohidrat, ubi dan kentang dapat dijadikan salah satu pilihan karbohidrat sehat pengganti nasi. Mengapa? Karena ubi dan kentang mengandung serat yang lebih tinggi dari nasi sehingga akan membuat lebih cepat kenyang dan turun berat badan asalkan dikukus atau rebus ya, bukan jadi fries!

5. Sayuran

Source : Pinterest

Kandungan serat yang tinggi terdapat dalam sayur-sayuran. Ada berbagai jenis sayur yang dapat dikonsumsi saat diet dan dapat disesuaikan dengan keinginan, mulai dari wortel, kangkung, bayam, jagung, labu, selada dan banyak lagi. Sayuran dapat dimakan mentah atau matang ketika diet, namun pastikan sebelum memakannya kamu sudah mencuci bersih sayuran tersebut dengan air ya.

6. Buah

Source : Pinterest

Selain pada sayuran, kandungan serat juga terdapat pada buah. Untuk diet murah dan sehat ini kamu bisa konsumsi buah-buahan yang ada di pasar atau toko terdekat. Berbagai buah yang direkomendasikan yaitu stroberi, pisang, nanas, semangka, pepaya, apel, jambu, dan masih banyak lagi. Buah-buahan tersebut membantu melancarkan pencernaan sehingga baik untuk program penurunan berat badan, asalkan makan buahnya tidak dicampur gula atau pemanis lainnya.

7. Popcorn

Source : Pinterest

Ketika diet khususnya bagi yang suka ngemil, popcorn dengan sedikit taburan gula atau garam cocok jadi snack sehat pilihanmu. Popcorn yang aslinya terbuat dari jagung kering yang mengembang menjadi ukuran besar akan membantu mengganjal perut dan membuat kenyang lebih lama. Tenang, walaupun popcorn mengandung butter namun kamu bisa menguranginya dengan membuat popcorn sendiri di rumah.

8. Kacang-kacangan

Source : Pinterest

Lapar saat diet namun sudah konsumsi makanan utama sebelumnya? Tandanya kamu butuh snack time! Kacang-kacangan dapat dijadikan pilihan snack diet sehat dan murah lho. Kamu bisa merebus kacang atau memanggang kacang untuk mengurangi konsumsi lemak berlebih dan memakannya dengan taburan sedikit saja garam yang akan menambah rasa atau bahkan menambahkan berbagai bumbu kering.  

So, bagaimana? Diet sehat gak harus mahal kok, asalkan ada niat dan konsisten pasti berhasil. Jika kamu berencana melakukan diet, selain perlu mengatur pola dan jenis makanan, kamu juga perlu minum banyak air mineral agar tubuh terhidrasi sehingga mendorong terjadinya metabolisme. Selain itu penting juga melakukan olahraga ringan dan istirahat yang cukup. Jika semuanya sudah dilakukan, pastinya bonus sehat dan bentuk tubuh yang ideal akan didapatkan.

Home » 8 Daftar Makanan Diet Sehat dan Murah yang Ramah di Kantong

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *