5 Alasan Toyota Raize 2021 Bakal Kuasai Pasar Small SUV Indonesia

Toyota Raize 2021 dikabarkan segera diperkenalkan di Indonesia. Kami beri 5 alasan mengapa SUV mungil 5 seater ini akan menjadi yang terdepan di segmennya, mengalahkan dua mobil yang sudah lebih dulu masuk.

Pasar small SUV Indonesia dibuka oleh KIA Sonet dan Nissan Magnite yang resmi masuk akhir 2020. Anda yang masih mencari alternatif kedua mobil tersebut boleh bersuka cita pasalnya tak lama lagi Toyota Raize bakal masuk ke Tanah Air, tepatnya akhir April 2021 bersama dengan Daihatsu Rocky. Duet Raize-Rocky sudah meluncur sejak akhir 2019 di Jepang, sementara Rocky masuk ke Malaysia dengan nama Perodua Ativa per 3 Maret 2021.

Bukan tidak mungkin model small SUV ke depannya akan nge-tren, dengan kedua mobil tersebut menjadi yang terdepan di Tanah Air. Untuk Anda yang masih menimbang-nimbang antara Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, kami sarankan untuk memilih Raize.

1. Pengalaman Toyota di Pasar Indonesia

Harga lebih murah nyatanya tak selalu menjadikan Daihatsu lebih unggul dari Toyota. Dikutip dari Bisnis.com, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor mengungkapkan bahwa market share Toyota di Indonesia sudah mencapai 30%, sedangkan Daihatsu hanya 18%, sehingga jelas Toyota lebih unggul. Hal ini juga diperkuat dengan 10 mobil terlaris di 2020, Toyota menempatkan empat mobil sementara Daihatsu hanya satu.

2. Desain Lebih Tajam
Desain lebih tajam dibanding Daihatsu Rocky

Saya pribadi lebih menyukai Toyota Raize 2021 dibanding Daihatsu Rocky kalau bicara soal desain. Garis-garis bagian muka terlihat lebih tajam serta maskulin dengan gril jaring-jaring berbentuk trapesium, membuat saya langsung terpikat begitu melihat bagian depan. Sayang tidak ada perbedaan terlalu signifikan pada eksterior lain, termasuk bagian belakang yang relatif sama.

3. Bertabur Fitur Melimpah
Interior minimalis nan futuristis

Cintamobil.com membuat prediksi baik Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky bakal dibenamkan berbagai fitur keselamatan yang dinamai Advance Smart Assist, antara lain adaptive cruise control, line keep assist, lane departure warning, rear cross traffic alert, hingga automatic city braking support. Selain soal safety, Anda bakal dimanjakan interior minimalis nan futuristis dengan aksen segi enam. Mana yang lebih eye-catching, menurut saya relatif sama.

4. Ada Trim GR-S
Agak lebay sih menurut saya pribadi.

Sekadar tambahan info, GR Merupakan kependekan dari Gazoo Racing, divisi balap Toyota di berbagai kejuaraan seperti Reli Dunia WRC dan Balap Ketahanan WEC. Namun lini GR-S bukanlah tipe performa murni seperti GR Yaris melainkan hanya tampilannya saja dibuat lebih sporty, mirip seperti TRD Sportivo pada Yaris atau Agya. Apakah akan mirip seperti di negara asalnya, saya masih menanti-nanti. Tapi kalau boleh jujur, model seperti di gambar jadi terkesan lebay.

5. Harga Toyota Raize?

Dengan fitur setara mobil Rp 300 jutaan, harga Toyota Raize 2021 diprediksi tidak sampai menembus angka Rp 300 juta, tepatnya Rp 160 hingga 250 juta. Daihatsu Rocky harusnya bisa lebih murah lagi, tapi alangkah baiknya kita tunggu dulu hingga pengumuman resmi di 28 April 2021. Sekadar info, dua pesaingnya yakni KIA Sonet dijual mulai Rp 193-289 juta, sementara Nissan Magnite ditawarkan dari Rp 214-244 jutaan (OTR Jakarta).

Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, pilih mana nih?

Itu tadi beberapa hal yang menurut saya menjadikan Toyota Raize bakal difavoritkan oleh konsumen small SUV Tanah Air. Rasanya bakal tak terelakkan lagi perbandingan antara Toyota Raize vs Daihatsu Rocky, kalau keduanya nge-hits. Anda sendiri pilih yang mana?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *