Keuntungan dari saham, Berikut 4 tips belajar saham mulai dari nol

Tips investasi untuk pemula
Source: duckduckgo

Ketika Keuntungan dari saham, Kamu bercita-cita ingin membeli rumah impian kamu dalam jangka waktu 10-15 tahun,mempersiapkan uang pernikahan,atau mempersiapkan pension dini dan berkeliling dunia dengan pasangan kamu?

Jika iya, mulai sekarang kamu harus tau bagaimana cara mengelola uang yang baik dan menjadikan tujuanmu cepat tercapai.

Sebelum kamu memulai investasi, ada baiknya mengenal lebih dulu produk investasi yang bernama saham.
Dari sekian banyak produk investasi, saham yang mempunyai tingkat return yang tinggi. Tetapi, risiko yang dimiliki juga mengikuti return yang tinggi.

Jadi ada baiknya kamu siap untuk mengetahui apa saja tips terjun ke dunia saham.

1.Melakukan Perencanaan keuangan

Pastikan kebutuhan-kebutuhan kamu seperti sudah terpenuhi sebelum melakukan investasi, sehingga tidak menggangu aliran dana kamu. Perencanaan yang baik dan matang, membuatmu menjadi disiplin dalam mencapai tujuan investasi yang dicapai.

Minimal pengalokasian dana untuk investasi sebesar 10-20% dari gaji/pendapatan kamu selama sebulan, dan sisanya boleh kamu alokasikan ke kebutuhan yang lain seperti:

Dana darurat, tabungan , dan kebutuhan kamu sehari-hari.

2.Membuka rekening saham

salah satu cara untuk membuka rekening saham adalah dengan mendaftarkan diri ke perusahaan sekuritas.

secara umum, pialang saham adalah perusahaan atau perseorangan yang menyediakan jasa bagi para investor (perusahaan atau perseorangan) dengan pasar modal.

Setiap perusahaan sekuritas mempunyai biaya transaksi yang berbeda-beda, paatikan kamu memilih biaya transaksi yang kecil.

Biasanya biaya transaksi perusahaan sekuritas menetapkan 0,19% pembelian dan 0,29% penjualan. Tetapi ada juga biaya transaksi hanya 0,10% pembelian dan 0,10% penjualan dan salah satu ciri perusahaan sekuritas yang memiliki kredibilitas yang baik adalah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, Pastikan kamu memilih Sekuritas yang terdaftar secara OJK.


Simak juga: Pialang Saham: Definisi, Cara Kerja, dan Daftar Sekuritas OJK


3.Cara memilih Saham yang bagus

Graphic bullish stock

setelah mendaftar disalah satu saham sekuritas pilihan kamu, saatnya kamu memilih saham-saham yang beredar di pasar modal. Sayangnya kamu masih bingung karena banyaknya saham yang beredar di pasar modal,tapi tenang kami akan merangkum apa saja saham yang memiliki kredibilitas yang baik.

Cara memiliki saham bagus adalah memilih saham yang terdalam daftar LQ45 dan IDX30.

Saham LQ45 dan IDX30 terdiri dari saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang tinggi dan cukup mempunyai fundamental perusahaan yang baik dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.

Bahkan ini kesempatanmu untuk membeli saham murah berfundamental bagus, karena adanya pandemi covid19 menjadikan harga saham menurun tetapi secara fundamental terbilang bagus.

Dengan adanya Saham-saham pilihan tersebut memudahkan kamu untuk meminimalisir resiko dan menekan kerugian yang bisa kamu dapatkan dan mendapat keuntungan yang kamu targetkan sebelumnya.

Simak juga: BEI Terbitkan Saham LQ45 Terbaru, Cek Daftarnya!


4.Pentingnya diversifikasi portofolio

Jangan menaruh semua telur kedalam 1 keranjang
diversification illustration

setelah mengetahui dan memilih indeks saatnya kamu melakukan diversifikasi portofolio.

Diversifikasi aset adalah strategi meracik portofolio dengan menempatkan berbagai sektor dan saham yang dapat memberikan imbal hasil yang berimbang. (Sumber: syailendracapital.com), sederhananya adalah teknik mengurangi resiko dalam melakukan investasi.

Contoh kamu mempunyai uang sebesar 100 juta, jika kamu memecah menjadi 5 investasi maka kamu memiliki 5 saham yang bernilai 20 juta per saham.

Tujuan dari diversifikasi adalah untuk mengurangi atau meminimalisir resiko ketika berinvestasi. Contoh ketika kamu membeli saham perbankan dan consumer goods, ketika saham perbankan mengalami penurunan dan saham consumer goods sedang naik, maka dampak dari diversifikasi saham telah meminimalisir kerugian yang kamu dapatkan dari fluktuasi saham perbankan.

nah sudah tahu kan bagaimana tips menjadi investor untuk pemula? , biar kamu tidak tersesat-sesat banget deh pada saat memulai investasi dan mendapatkan keuntungan yang maksimal dari tips ini. Terima kasih

Diversification is a protection against ignorance. It makes very little sense for those who know what they’re doing

Warren Buffet, CEO of Berkshire Hathaway

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *