Mengetahui dan Menjaga Kesehatan Mental

cek kesehatan mental
Mengambil Sebuah Pilihan.

Kesehatan Mental, Apakah Itu Penting?

Bagi seorang Gen Z, iya, kesehatan mental itu sangatlah penting. Apabila tidak dijaga, itu akan mempengaruhi ke dalam kondisi fisik dan kualitas hidup Anda. Secara internal, anda harus memiliki kesejahteraan, dimana Anda memliki kemampuan untuk mengetahui potensi Anda. Dengan kesehatan mental yang baik, Anda dapat melakukan apapun. Dari hal-hal kecil seperti membereskan kamar Anda, hingga memberikan kontribusi terhadap masyarakat. Namun bagaimana cara mengetahui apakah Anda memiliki kesehatan mental yang baik atau buruk? Apakah Anda memiliki kesehatan mental yang baik saat Anda tau tujuan akhir Anda? Atau Anda memiliki kesehatan mental yang buruk saat Anda tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari Anda?

Pada akhirnya, Anda tidak akan dapat menilai itu sendiri. Menilai hal tersebut secara berlebihan akan memberikan terlalu banyak kemungkinan. Namun, tidak mengetahui hal tersebut mungkin bukanlah hal yang buruk. Mungkin, ketidaktahuan adalah suatu kebahagiaan. Terkadang, Anda tidak perlu alasan untuk membereskan kamar tidur Anda. Anda tidak perlu alasan untuk pergi ke café favorit anda. Anda melakukannya karena Anda ingin, semudah itu saja. Tidak dipungkiri, beberapa dari kita terpancing untuk mengetahui segala hal. Beberapa dari kita mungkin membutuhkan tujuan akhir sebagai motivasi hidup, atau mungkin beberapa dari kita hanya ingin mengetahui kondisi kesehatan mental kita. Apakah yang kita lakukan benar, atau apakah yang kita lakukan itu salah?

kondisi kesehatan mental

Perlukan Melakukan Tes Kesehatan Mental?

Seperti apa yang saya bicarakan sebelumnya, terkadang, kita tidak butuh sebuah alasan. Mungkin Anda hanya sekedar ingin tau atau mungkin Anda ingin memberanikan diri untuk melangkah lebih. Apapun alasannya, saya berterimakasih Anda sudah datang sejauh ini dalam kehidupan. Terimakasih karena terus berjuang. Saya disini untuk membantu dan Anda tidak sendiri. Anda memiliki saya dan para pembaca lainnya yang bersama-sama berjuang, apapun latar belakang Anda.

Sebelum Anda memulai untuk melakukan Tes Kesehatan Mental, saya menyarankan untuk tarik nafas terlebih dahulu. Tutup mata anda, tarik nafas yang panjang, dengarkan seluruh suara yang ada, rasakan seluruh sensasi dan perasaan yang ada, dan hembuskan. Keluarkanlah seluruh sensasi dan perasaan tersebut. Tanyakan ke diri Anda sendiri. Apakah tenggorokan anda terasa sakit, jika iya, minumlah air putih dahulu. Apabila Anda merasa lapar, makanlah. Makanlah makanan favorit Anda atau snack kecil yang membuat Anda nyaman. Jika Anda merasa lelah atau kurang tidur, istirahatlah sejenak. Saya tidak akan kemana-mana. Saya disini menunggu dan menemani Anda.

Jika Anda sudah siap untuk cek kondisi kesehatan mental Anda, ada beberapa Tes Kesehatan Mental yang dapat Anda lakukan:

  1. Ibunda.id: Tes Psikologi Online
  2. SehatQ: Tes Kesehatan Mental Online
  3. Satu Persen: Tes Sehat Mental

Anda juga dapat melakukan terapi dengan psikolog terdekat beberapa kali secara tatap muka apabila Anda merasa Anda sudah siap. Tidak apa-apa, Anda berhak untuk memberikan hal-hal terbaik bagi diri anda sendiri. Saya disini untuk menemani Anda. Saya disini untuk membantu Anda melakukan perjalanan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Apakah sulit untuk menjaga kesehatan mental? Bila Anda bertanya kepada saya, maka jawaban saya adalah lakukanlah dengan cara Anda sendiri, Anda tidak perlu mengikuti cara orang lain, temukanlah cara Anda sendiri. Apabila anda sudah menemukan aktivitas yang membuat Anda nyaman, maka Anda sudah memiliki sebuah tempat untuk berjalan dan itu adalah hal yang baik. Namun apabila Anda belum menemukan aktivitas tersebut, saya disini untuk membantu anda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan:

1. Makan

Mungkin Anda akan bertanya, apakah semudah dan sesederhana itu? Hanya makan? Iya, kita lakukan dengan hal mudah saja. Makanlah apapun yang membuat Anda nyaman dengan kondisi Anda sekarang. Apabila Anda sedang ingin memakan makanan favorit Anda, lakukanlah. Apabila Anda tiba-tiba ingin makan makanan nyaman seperti junk food, makanlah. Atau mungkin Anda merasa, “Ah, saya rasa saya sedang ingin makan sehat,” makanlah. Bila Anda merasa lapar, memiliki keinginan untuk makan, namun tidak dapat makan, tidak perlu terlalu dipikirkan. Jika sekarang anda tidak dapat makan, percayalah, anda akan mendapatkan perasaan untuk ingin makan karena suatu hal. Ketika hal itu sudah dicapai, maka makanlah. Anda juga berarti dan berhak untuk makan apapun yang kalian ingin makan.

2. Istirahat

Apabila Anda merasa lelah, tidak apa-apa untuk menutup mata sejenak, tarik nafas, dan keluarkan. Lakukanlah sesuai dengan perasaan anda. Jika Anda merasa Anda sedang sibuk dan tidak dapat beristirahat, Anda dapat melakukan hal tersebut saat Anda sedang ke kamar mandi sejenak. istirahat 10 detik, 5 menit, 15 menit, atau 1.30 jam, bukanlah sebuah masalah.

Ingat, bernafas dan menutup mata sejenak selama beberapa detik bukanlah hal yang buruk. Cobalah tutup mata, tarik nafas, rasakan seluruh sensasi dan perasaan yang ada di diri anda dan sekitar anda, dan hembuskan dengan mengeluarkan seluruh sensasi dan perasaan tersebut. Anggaplah istirahat sebagai cara Anda untuk melakukan sebuah reset. Mau itu dengan menutup mata sejenak saat beraktivitas atau mengejar tidur cukup 7-8 jam tiap malam, lakukanlah sesuai dengan kondisi Anda. Tidak apa-apa untuk melakukan hal pelan-pelan. Yang terpenting adalah, Anda memiliki waktu untuk diri Anda sendiri dalam beristirahat karena Anda berarti dan Anda layak untuk beristirahat.

3. Beraktivitas

Oke, Anda sudah punya waktu untuk makan dan istirahat, apa selanjutnya? Dalam beraktivitas, saya ingin menyamakan beraktivitas sebagai aktivitas di luar segala produktivitas Anda. Lakukanlah apapun yang membuat Anda nyaman. Apabila Anda lelah dengan kegiatan yang berbau elektronik, tidak masalah. Apabila Anda nyaman dengan kegiatan berbau elektronik dan ingin menyelasaikan film favorit anda, tidak masalah juga. Namun apabila anda bingung, jalan kaki sejenak adalah sebuah pilihan. 5 menit sejenak juga bukan sebuah masalah. Apapun yang membuat Anda bahagia dan nyaman. Apabila Anda ingin mencoba olahraga, mungkin Anda dapat mencoba Yoga ringan. Apabila Anda ingin mengungkapkan perasaan Anda dengan menulis di jurnal, lakukanlah. Jika Anda merasa Anda ingin membersihkan kamar Anda, lakukanlah secara perlahan.

4. Komunikasi

Sudahkah Anda menelpon orang-orang terdekat Anda? Atau mungkin Anda sedang tidak ingin berbicara dengan mereka? Apapun perasaan Anda, tidak apa-apa untuk merasakan hal-hal tersebut. Ingat, mungkin sekarang Anda tidak ingin berbicara dengan mereka, namun di masa depan, percayalah, Anda akan siap melakukan hal tersebut. Bila anda siap, maka hubungilah mereka. Cukup sesederhana tanyakan apa kabar mereka? Apa aktivitas mereka minggu ini? Atau mungkin Anda juga dapat menjadi sosok yang bercerita. Apabila ada suatu hal yang tidak ingin Anda sampaikan, tidak masalah. Lakukan senyaman anda. Jika Anda sedang tidak ingin kontak dengan orang-orang terdekat, juga tidak masalah. Anda dapat melakukan hal kecil seperti berbicara sejenak kepada ibu-ibu atau bapak-bapak warung, atau mungkin barista yang anda temui di café favorit Anda. Anda juga dapat melakukan obrolan ringan ke orang-orang yang sering kalian temui, namun belum sempat menjadi teman Anda.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki cara untuk menjaga kesehatan mental yang berbeda-beda. Namun, saya percaya bahwa 4 hal tersebut adalah hal-hal yang paling dasar. Segala hal dimulai dengan langkah-langkah kecil. Apa langkah kecil Anda hari ini? Apapun langkah kecil Anda hari ini, seperti mulai mencari tau tentang kondisi mental anda, atau mencoba untuk kembali makan dan istirahat, terimakasih. Terimakasih karena sudah melakukan langkah kecil tersebut.

pentingnya kesehatan mental
Sayangi Diri Anda Sendiri.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *