Remaja Jompo Merapat! Ragam Rempah Kesehatan berikut Khusus Untukmu!

rempah kesehatan

Dewasa ini perkembangan teknologi di era Gen Z semakin maju kian pesat dan canggih, tak terkecuali dalam dunia kesehatan. Namun beberapa tahun terakhir ini perkembangan tersebut tidak begitu berarti seiring dengan pola hidup masyarakat yang kian buruk. Selain itu juga diikuti dengan tingkat stres, paparan berbagai macam polusi dan pola makan yang juga buruk. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya kedai fast food di setiap penjuru kota.

Di sisi lain, di kalangan Gen Z tak jarang kita mendengar istilah “Remaja Jompo”. Konotasi dari istilah itu adalah seseorang berusia muda baik pelajar maupun pekerja yang mudah terkena berbagai macam penyakit. Penyakit tersebut umumnya seperti pegal, flu, batuk, nyeri otot dsb.

remaja jompo
Ilustrasi oleh mediapijar.com

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah-rempah terbesar dunia yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan pengobatan berbagai macam keluhan penyakit. Dibandingkan dengan konsumsi obat, konsumsi rempah dan bahan makanan alami menjadi salah satu faktor pencegahan terbaik dan aman tentunya. Lalu apa saja rempah dan bahan makanan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Jahe

Rempah satu ini sangat umum ditemukan di sekitar kita mulai dari minuman tradisional wedang jahe hingga kudapan manis maupun asin dengan berjuta manfaat seperti pencegahan pada permasalahan jerawat, meredakan nyeri otot, peradangan atau bengkak, kesehatan pencernaan, penuaan dini, hingga kesehatan dan pencerah kulit alami.

2. Sereh

Rempah ini umumnya sering kita jumpai pada masakan nusantara yang kaya akan bumbu, bahkan sering juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun badan, lotion anti nyamuk, dan minyak pijat ini juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan lain seperti menurunkan berat badan, kesehatan pencernaan, kesehatan jantung, mengontrol kecemasan, mengatasi jerawat, dan bahkan untuk menurunkan nyeri haid.

3. Kunyit

Kunyit identik dengan warnanya yang kuning ini dapat kita jumpai umumnya dalam minuman jamu tradisional, bumbu aneka olahan daging maupun ikan, bahkan minuman pelangsing seperti kunyit asam instan maupun home made. Adapun manfaatnya yaitu meningkatkan sistem imun, mencegah diabetes, melindungi organ hati, meningkatkan kesehatan otak, kesehatan kulit, dan penyeimbang hormon pada wanita.

4. Lengkuas/ Laos

Meskipun penggunaannya tidak sepopuler kunyit pada masakan maupun minuman, namun khasiat lengkuas atau laos ini juga tidak main-main, diantaranya yaitu untuk meminimalisir radikal bebas, meningkatkan kesehatan rambut, kesehatan dan kesuburan organ pada pria, mengatasi radang sendi, imunitas tubuh dan jerawat membandel!

5. Jeruk nipis/ lemon

Jeruk nipis maupun lemon identik dengan rasanya yang asam dan segar yang sering kita konsumsi sebagai salah satu bahan minuman maupun perasan pada kudapan maupun saus. Kandungan vitamin C pada jeruk sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti mencegah kanker, meningkatkan imunitas tubuh, pencegah anemia, diabetes, gangguan pernapasan, batu ginjal, peradangan juga kesehatan kulit.

6. Madu

Meskipun bukan termasuk ke dalam golongan rempah- rempah seperti halnya jeruk nipis atau lemon, madu sering kita jumpai sebagai bahan dapur untuk campuran minuman kesehatan, bahan campuran untuk saus, campuran masker wajah, serta dapat juga dikonsumsi secara langsung. Khasiat madu pun tak kalah baik, yaitu sebagai optimalisasi pada organ reproduksi wanita, pembantu proses penyembuhan, mencegah gejala asma, batuk, dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

minuman kesehatan
Ilustrasi oleh orami.co.id

Agar khasiatnya optimal dan tidak hilang akibat pemanasan yang lama saat memasak, alternatifnya yaitu dengan mengkonsumsi minuman sehat ala Dr. Zaidul Akbar. Caranya yaitu dengan mencampurkan semua bahan atau sebagian bahan (sesuai kebutuhan dan selera) menjadi satu lalu menyeduhnya dengan air panas. Sajikan hangat dan tak lupa untuk menambahkan jeruk nipis dan madu untuk ekstra antioksidan dan pemanis alami!

Resep lengkap minuman kesehatan ala Dr. Zaidul Akbar dapat ditemukan di sini!

referensi :

https://www.halodoc.com/artikel

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *